Ketahui Manfaat Berendam Air Garam Hangat! distributor ariston

Ketahui Manfaat Berendam Air Garam Hangat!

Berendam air garam hangat adalah salah satu cara merelaksasi tubuh yang dikenal dan juga digunakan sejak dari zaman kuno. Aktivitas ini yaitu merendam tubuh atau bagian tubuh tertentu dalam air yang sudah dicampur dengan garam, biasanya menggunakan garam epsom atau juga garam laut.

Manfaat berendam air hangat bukan untuk fisik saja, namun juga untuk kesehatan mental dan emosional. Sudah banyak penelitian yang mendukung dan mengklaim bahwa berendam di air garam yang hangat bisa membantu mengurangi stres, mengatasi nyeri otot, mengatasi insomnia dan memperbaiki kualitas tidur, juga meningkatkan kesehatan bagi kulit. Selain itu juga, mencampur garam yang mengandung banyak magnesium, ke dalam air mandi mineral esensial ini lebih mudah diserap oleh tubuh, yang terbukti memberikan banyak manfaat.

Artikel ini akan membahas lebih mendalam tentang manfaat berendam air garam hangat, bagaimana cara melakukanya yang benar, air garam bisa menyembuhkan apa saja, dan mengenal jenis-jenis garam serta manfaat dari masing-masing dari jenis garam. Agar lebih tau berendam air hangat untuk apa sih? Ketahui manfaat berendam air garam hangat berikut.

Mandi Air Garam untuk Apa?

Mandi menggunakan air garam, khususnya garam epsom, dapat mendukung eksfoliasi alami pada kulit. Proses ini membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, membuat kulit lebih halus dan bercahaya. Merendam kaki di air garam juga salah satu praktik yang sudah digunakan sejak lama  untuk meningkatkan kesehatan. 

Berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa merendam kaki di air garam bisa membantu mengurangi stres, mengatasi nyeri otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengatasi macam-macam masalah kulit. Selain itu juga, garam bisa diserap oleh kulit dan membantu dalam proses detoksifikasi tubuh juga memberikan rasa yang nyaman dan relaks. Disini kita akan menjelaskan manfaat merendam kaki di air garam.

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Garam distributor ariston

Berbagai penelitian mengindikasikan bahwa merendam dicampur air hangat dan garam bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk kaki. Berikut penjelasan manfaat merendam kaki dengan air garam : 

1. Mengatasi bau kaki

Pemakaian sepatu yang menutupi kaki setiap hari bisa menyebabkan kelembaban di sekitar kaki, yang bisa membuat lingkungan bagi pertumbuhan bakteri. 

Baca Juga   Terbaru Ariston Water Heater Listrik Low Watt!

Ketika bakteri bercampur dengan keringat, timbullah bau tak sedap pada kaki. Salah satu cara untuk mengatasi kondisi ini yaitu dengan merendam kaki dalam air garam. 

2. Mampu merawat kuku kaki

Langkah yang tepat untuk perawatan kuku adalah merendamnya dalam air garam selama beberapa waktu. Merendam kaki dalam air garam akan membuat kuku kaki yang tebal jadi lebih lunak, sehingga lebih gampang untuk dibersihkan.

Tetapi, jangan hanya merendam kaki menggunakan air garam saja dalam perawatan kuku. Namun, juga dianjurkan untuk melakukan perawatan kuku kaki lainya, seperti menjaga kebersihan dan memotong kuku secara teratur.

4. Meredakan nyeri dan pembengkakan karena cantengan

Kuku kaki yang tumbuh ke dalam, atau cantengan, terasa sangat nyeri. Salah satu metode untuk mengurangi nyeri dan bengkak akibat cantengan adalah merendam kaki menggunakan air garam. Hal ini dapat dilakukan selama 10-20 menit setiap hari, disertai dengan pijatan lembut di area yang terkena cantengan.

5. Menyembuhkan kaki pecah-pecah

Merendam kaki dengan air garam juga bisa digunakan sebagai eksfoliasi untuk membuat kaki lebih halus dan mengurangi pecah-pecah. Dengan seperti itu, masalah kaki kering dan tumit pecah juga bisa diatasi. Metode ini juga efektif untuk membuat otot kaki menjadi lebih rileks.

6. Mengatasi insomnia

Merendam kaki menggunakan air garam yang mengandung magnesium sulfat juga dapat dinilai efektif untuk mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Hal ini terjadi karena merendam kaki dengan air garam bisa membuat aliran darah di kaki menjadi lebih lancar. Dengan aliran darah yang lancar, akan merasa lebih nyaman, mengurangi stres, dan juga mengatasi rasa pegal pada kaki.

Jadi, itu adalah manfaat-manfaat merendam kaki dengan air garam setelah itu, kalian bisa jadikan metode merendam kaki dengan air garam jadi salah satu cara melepas lelah setelah melakukan kegiatan dan mencegah stres. Kalian juga harus tau jenis-jenis garam dan manfaat serta penjelasanya berikut adalah jenis-jenis garam :

Baca Juga   Badan Gatal Mandi Air Hangat? Ini Dia Tips dan Faktanya

1. Garam halus 

Ini adalah garam yang sangat umum dan sering berguna untuk kebutuhan memasak. Jenis ini bentuknya halus sebab saat pembuatan, dengan proses penggilingan dan juga banyak mineralnya terbuang.

Selain itu, kekurangan garam ini pada saat penggilingan bumbu dapat menggumpal semua. Karena itu, beragam zat yang terkenal menjadi anti-caking harus ditambahkan, sehingga bisa tergiling dengan halus.

2. Garam laut

Garam laut dibuat melalui uapan air laut. Sama seperti jenis lain, jenis ini terdapat natrium klorida yang tinggi. Tapi tergantung di sumbernya dan seperti apa prosesnya. Biasanya terdapat berbagai mineral sebagai potassium, besi dan juga seng.

3. Garam himalaya

Mayoritas garam himalaya terbuat dari tambang garam khewra dari pakistan yang menjadi tambang terbesar di dunia ke dua. Jenis ini biasanya mengandung sejumlah besi karat, hingga bisa menjadi berwarna merah muda.

Garam ini  juga mempunyai jumlah kecil kalsium, zat besi, kalium dan juga magnesium. Oleh sebab itu, garam ini mempunyai natrium yang lebih rendah daripada jnis yang halus sampai laut

4. Garam kosher

Beda dari jenis garam sebelumya, jenis garam ini mempunyai tekstur kasar dan juga serpih. Garam kosher lebih mengandung aditif yaitu agen anti-caking dan juga yodium.

Untuk informasi, satu sendok teh jadi lebih ringan rasa asinnya dibandingkan satu sendok teh garam yang biasa. Oleh sebab itu, hindarilah ganti yan satu dengan yang lain dengan banding 1:1. Ini bisa menjadi makanan sangat asin atau juga sangat hambar.

5. Garam celtic

Garam ini mempunyai warna abu-abu dan juga terdapat sedikit air, jadi bisa cukup lembab. Yang paling menarik dari garam ini adalah menawarkan sejumlah mineral dan dan sedikit lebih rendah dari natrium yang biasa.

Manfaat Garam untuk Kesehatan 

Manfaat Garam untuk Kesehatan distributor ariston

Garam tidak hanya untuk memberi rasa pada masakan namun juga penting bagi kesehatan tubuh. Untuk mengetahui yuk simak penjelasan dibawah. Berikut adalah manfaat garam penting bagi kesehatan : 

1. Membuat fungsi tiroid menjadi baik

Tiroid mempunyai fungsi yang paling penting untuk metabolisme. Agar tiroid berfungsi lebih baik, tubuh membutuhkan yodium di jumlah yang sesuai.

Baca Juga   Meriah! Karnaval Pembangunan Kabupaten Cilacap Tahun 2023

Kekurangan yodium bisa mencegah tubuh memproduksi hormon tiroid. Hal ini mengakibatkan tanda di tubuh, seperti tiroid membengkak, wasir, sulit untuk berpikir, sampai lelah terus menerus.

2. Agar tubuh tetap terhidrasi

Kandungan sodium yang ada dalam garam dapat mebantu tubuh terhidrasi dan juga menjaga keseimbangan elektrolit. Sel, otot, dan juga jaringan kita sangat membutuhkan air untuk berfungsi dengan benar. 

3. Ampuh menangani gejala cystic fibrosis

Pengidap cystic fibrosis kehilangan sangat banyak garam yang keluar dari keringat dibandingkan orang sehat. Ini membuat pengidap cystic fibrosis dapat terjadi dehidrasi.

4. Menghindari kerusakan gigi

Selain bisa menambahkan rasa di masakan, air garam juga bisa untuk berkumur. Kumur menggunakan air garam dapat menurunkan terjadinya kerusakan pada gigi, yaitu seperti gigi berlubang.

5. Menangani sakit tengorokan

Kumur menggunakan air garam juga bisa mengatasi sakit tenggorokan. Dengan cara melarutkan setengah sendok teh dengan garam satu cangkir dengan air hangat. Setelah air dan garam larut, berkumur dengan air campuran. Lakukanlah dengan rutin agar sakit tenggorokan lebih baik.

Itulah jenis jenis garam dan juga manfaatnya bagi kesehatan tubuh. walaupun banyak manfaatnya, penting untuk melakukan secukupnya.

 

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa berendam di air garam dengan air hangat berendam air garam hangat adalah salah satu cara merelaksasi tubuh. Aktivitas ini yaitu merendam tubuh atau bagian tubuh tertentu dalam air yang sudah dicampur dengan garam, biasanya menggunakan garam epsom atau juga garam laut. Selain itu, penting untuk  mengetahui manfaat berendam air garam dengan air hangat.

Jika kalian ingin merasakan sensasi air hangat yang mudah dan juga nyaman untuk memudahkan kita mandi dengan air hangat, kalian bisa menggunakan water heater ariston. Water heater ini tidak untuk memudahkan mandi dengan air hangat saja, namun juga dapat  mengatur suhu sesuai dengan preferensi kamu. Untuk info pemesanan dan mendapatkan pengalaman mandi air hangat lebih nyaman dan terpercaya, khususnya domisili Jabodetabek, klik disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top