Manfaat Mandi Air Hangat Saat Gatal-Gatal

Manfaat Mandi Air Hangat Saat Gatal-Gatal

Gejala gatal-gatal pada kulit bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Artikel ini akan menjelaskan manfaat mandi air hangat saat gatal-gatal. Faktor penyebab gatal-gatal seperti infeksi kulit, infeksi jamur atau bakteri, dapat menyebabkan gatal-gatal. Selain itu, iritasi kulit akibat paparan bahan kimia atau alergi juga bisa menjadi penyebabnya. Alergi terhadap makanan, obat-obatan, atau bahan lainnya juga dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Untuk mengobati gatal-gatal pada kulit, dokter biasanya akan meresepkan obat anti gatal atau anti alergi, seperti cetirizine atau obat steroid. Terkadang juga dapat direkomendasikan penggunaan krim atau salep yang mengandung bahan-bahan tertentu untuk meredakan gatal dan mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu, mengidentifikasi dan menghindari pemicu gatal juga merupakan bagian penting dari pengelolaan kondisi tersebut. Selain itu, memang perlu dilakukan pencarian penyebab gatal tersebut. Jika gatal disebabkan oleh infeksi, maka perlu diberikan obat anti infeksi yang sesuai dengan mikroorganisme penyebabnya. 

Jika gatal disebabkan oleh infeksi bakteri, maka memang perlu diberikan obat antibiotik. Jika gatal disebabkan oleh jamur, maka memang perlu diberikan antijamur. Atau, jika gatal disebabkan oleh tungau, seperti dalam kasus scabies, maka diberikan obat untuk membunuh tungau tersebut. Pada pengidap gatal-gatal, kita harus menjaga kebersihan kulit dengan mandi menggunakan air bersih dengan sabun paling sedikit dua kali sehari. Di samping itu, disarankan untuk memakai pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik. Jika pakaian terlalu basah atau lembab, sebaiknya segera menggantinya. Terkait penggunaan air hangat  yang ditempelkan pada area yang gatal, ada pandangan yang menyatakan bahwa tindakan ini bisa mematikan mikroorganisme. Tetapi, ada penemuan penelitian yang menunjukkan bahwa dalam mencuci tangan, baik menggunakan air dingin atau air yang sedikit hangat, memberikan hasil yang serupa dalam memusnahkan kuman. Hal yang terpenting adalah jenis sabun yang digunakan dan teknik mencuci tangan. Penting untuk dicatat bahwa titik didih mikroorganisme bervariasi, bahkan ada yang bisa bertahan pada suhu melebihi 50 derajat Celcius.

Oleh karena itu, pendekatan ini kurang akurat. Meskipun suhu yang hangat (kompres hangat) bisa memberikan sensasi yang lebih nyaman saat mengalami nyeri atau gatal, namun tidaklah efektif untuk mematikan kuman di permukaan kulit. Pada penggunaan air hangat (dalam suhu tinggi, seperti air yang baru saja mendidih) juga dapat menimbulkan iritasi atau kerusakan pada lapisan kulit, sehingga memicu peradangan kulit atau luka bakar serta meningkatkan risiko infeksi kulit. Para pengidap gatal pada kulit mungkin memiliki beberapa pertanyaan, seperti apakah air panas bisa mengurangi rasa gatal? Kemudian, bagaimana langkah untuk mengatasinya? Gatal pada kulit timbul karena beberapa faktor seperti iritasi, reaksi alergi, dan munculnya gangguan kulit. Air hangat diyakini dapat dimanfaatkan untuk mengurangi sensasi gatal pada kulit. Apakah metode tersebut efektif? Yuk simak penjelasan berikut.

Baca Juga   Mandi Malam Menggunakan Air Hangat  dan Batas Waktunya

Dapatkah Air Hangat Mengurangi Rasa Gatal?

Rasa gatal pada kulit merupakan salah satu masalah kulit yang sangat lazim dihadapi oleh semua individu. Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan munculnya rasa gatal pada kulit, seperti gigitan serangga, kulit kering, atau kondisi kesehatan tertentu pada kulit. Penanganan kondisi kulit yang gatal bervariasi tergantung pada faktornya. Salah satu metode yang diyakini dapat mengurangi kondisi ini adalah menggunakan air hangat. Banyak orang yang mengalami gatal pada kulit memilih untuk merendam atau mengompres dengan benda hangat pada area yang gatal.

Hingga saat ini, banyak pakar yang menyatakan bahwa air hangat belum terbukti efektif dalam menyembuhkan rasa gatal pada kulit. Meskipun begitu, air hangat bisa membantu membersihkan kuman di area kulit yang gatal serta sementara mengurangi sensasi gatal. Terlebih lagi, mandi dengan menggunakan air hangat bisa memberikan kenyamanan pada kulit yang gatal. Namun, perlu diingat bahwa hal tersebut hanya akan mengurangi sensasi gatal, bukan menyembuhkannya.

Dalam menggunakan air panas pada kulit yang gatal, direkomendasikan untuk tidak terlalu lama dan tidak dalam suhu yang terlalu tinggi. Ini disebabkan karena kulit lebih rentan terhadap iritasi atau kerusakan lapisan kulit karena area kulit yang gatal cenderung sering tergores saat digaruk.

Berikut adalah tips mengatasi gatal-gatal dengan menggunakan air hangat mari simak penjelasan berikut.

2 Tips Menggunakan Air Hangat untuk Meredakan Sensasi Gatal di Tubuh

2 Tips Menggunakan Air Hangat untuk Meredakan Sensasi Gatal di Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, air panas bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat gatal. Untuk meredakan rasa gatal pada kulit dengan menggunakan air hangat, terdapat dua metode yang dapat dilakukan seperti : 

1. Gunakan handuk atau benda lain yang bersih

Mengompres area kulit yang gatal dengan menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat bisa membantu membunuh kuman di sekitar area kulit. Gunakan handuk dengan tekstur lembut karena rasa gatal dan air panas dapat membuat kulit lebih sensitif.

Baca Juga   7 Manfaat Mandi Subuh dengan Air Hangat Bagi Kesehatan dan Kehidupan Sehari-hari

Kamu juga bisa menggunakan benda lain yang cocok untuk kompres, dengan syarat tidak menghasilkan panas berlebihan. Selain itu, pastikan untuk memperhatikan suhu air jangan gunakan air yang terlalu panas.

2. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membantu mengurangi sensasi gatal. Kamu bisa melakukan mandi seperti biasa atau merendam tubuh dalam air hangat. Ini bisa membantu mengurangi kemerahan karena menggaruk dan memberikan sensasi nyaman pada kulit yang gatal.

Seperti penggunaan handuk, saat mandi atau berendam air panas, penting untuk memperhatikan suhu air dan tidak menghabiskan waktu terlalu lama di dalamnya.

Nah, jadi itulah tips mengatasi gatal-gatal dengan mandi menggunakan air hangat, Air hangat dapat membantu mengurangi emisi gas dengan mengurangi jumlah gas di udara. Dua tips ini dapat kamu gunakan untuk mengatasi gatal-gatal.

Selanjutnya disini akan dijelaskan manfaat lain dari mandi air hangat selain dapat mengatasi gatal-gatal, mandi dengan air hangat juga banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh lho, yuk simak penjelasannya dibawah.

3 Manfaat Lainnya dari Mandi Air Hangat

3 Manfaat Lainnya dari Mandi Air Hangat

Mandi air hangat saat gatal-gatal bukan hanya membuat nyaman dan mengatasi gatal-gatal. Mandi air hangat memiliki banyak keuntungan jika dilakukan dengan memperhatikan suhu dan durasi yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa manfaat tambahan yang diberikan oleh air panas:

1. Mengurangi Rasa Tidak Nyaman di Kepala

Jika sering mengalami sakit kepala, coba mandi dengan menggunakan air hangat. Air panas dapat mengendurkan pembuluh darah yang menyempit, membantu mengurangi tekanan pada kepala dan meredakan sakit kepala. Air hangat juga bisa membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan fungsi otak tanpa menimbulkan tekanan.

Baca Juga   Ketahui Perbedaan Mandi Air Hangat dan Air Dingin

2. Memperlancar Peredaran Darah

Selain rutin berolahraga, mandi air panas juga membantu meningkatkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar dapat membantu mencegah penyakit serius, termasuk yang berhubungan dengan jantung. Oleh karena itu, secara tidak langsung mandi air panas yang mencukupi bisa meningkatkan kesehatan pada jantung.

3. Membantu Memperbaiki Kualitas Tidur

Penelitian mengatakan bahwa, mandi air hangat sebelum tidur bisa membantu memicu rasa kantuk. Manfaat ini tentu sangat berguna bagi orang yang kesulitan tidur. Mandi dengan air hangat satu jam sebelumnya bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Karena air hangat membantu merilekskan otot dan menstabilkan suhu tubuh dengan cepat, itu adalah alasan mengapa mandi air panas dapat mempromosikan istirahat yang berkualitas.

Jadi, itulah manfaat lain dari selain mandi air hangat saat gatal-gatal, manfaat tambahan yang diberikan oleh air hangat: mengurangi rasa sakit kepala, memperlancar peredaran darah, membantu membuat kualitas tidur, dan membantu memicu rasa kantuk. Air hangat membantu mengurangi tekanan pada kepala, meningkatkan ketegangan otot, dan membantu meningkatkan kesehatan pada jantung. Mandi air hangat sebelum tidur membantu memicu rasa kantuk, dan membantu merilekskan otot dan stabilkan suhu tubuh cepat.

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel ini adalah dengan singkatnya, jawaban atas pertanyaan apakah air panas bisa menghilangkan rasa gatal adalah ya, namun hanya untuk sementara waktu. Air hangat bisa membantu mengurangi sensasi gatal dan peradangan pada kulit yang terasa gatal. Di samping itu, air hangat juga memberikan banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh.

Untuk memudahkan kamu mandi dengan air hangat sekarang sudah tersedia water heater dari Ariston. Dapatkan mandi dengan air hangat dengan mudah dan memberikan  sensasi nyaman dan menyegarkan. Dapatkan pengalaman baru, kenyamanan terbaik, penggunaan efisien, dan kualitas unggul dalam memenuhi kebutuhan air panas kamu dari water heater Ariston, untuk info pemesanan klik disini. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top