Terapi Mandi Air Hangat Meningkatkan Kesehatan Tubuh distributor ariston (3)

Terapi Mandi Air Hangat Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Mandi bukan hanya sekedar membersihkan tubuh saja tapi juga untuk menyegarkan tubuh dan pikiran kita. Terapi air hangat dikenal sebagai hidroterapi. Hidroterapi adalah metode yang menggunakan air untuk meringankan berbagai kondisi kesehatan tubuh. Terapi mandi air hangat meningkatkan kesehatan tubuh sudah digunakan selama bertahun-tahun dan masih berkembang sampai saat ini, sebagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Air hangat juga dapat meredakan stres, mengurangi rasa sakit nyeri otot, meningkatkan sirkulasi darah, serta memperbaiki waktu tidur. 

Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dalam mengenai manfaat terapi mandi air hangat, untuk penyakit apa saja terapi mandi air hangat dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan terapi mandi air hangat. Selain itu juga, ada banyak manfaat terapi mandi air hangat meningkatkan kesehatan tubuh, yuk simak penjelasan di bawah.

10 Manfaat Mandi Air Hangat Meningkatkan Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan distributor ariston (1) (2)

Banyak orang yang masih belum mengetahui manfaat dari terapi mandi air hangat meningkatkan kesehatan tubuh, karena biasanya mandi air hangat dilakukan pada saat cuaca dingin saja. Mandi air hangat bukan hanya untuk anak-anak namun orang dewasa juga dapat mandi dengan air hangat. Selain itu juga, mandi menggunakan air hangat bisa dilakukan waktu kapan saja, bisa dari pagi hari, sore hari bahkan juga malam hari. Berikut manfaat mandi air hangat yang perlu kalian ketahui : 

1. Mengatasi Nyeri Otot

Ketika tubuh sedang merasakan nyeri dan tegang, solusinya adalah mandi menggunakan air hangat. Mandi air hangat bisa melenturkan otot-otot yang tegang dan mengatasi nyeri otot, termasuk mengatasi pegal di tangan dan kaki. 

2. Memperbaiki Waktu Tidur

Untuk kalian yang sedang mengalami insomnia atau susah untuk tidur, untuk menangani masalah masalah ini kalian dapat mencoba mandi dengan air hangat. Tidur yang nyenyak termasuk kebutuhan dasar yang amat dibutuhkan. Agar memperoleh tidur yang baik, salah satunya yaitu dengan mandi menggunakan air hangat. 

Fakta mengatakan bahwa mandi dengan air hangat pada malam hari bisa membuat perasaan dan membuat suhu tubuh menjadi lebih rendah. Apalagi, mandi dengan air hangat 1,5 – 2 jam sebelum tidur, bisa membuat suasana hati kalian lebih meningkat menjadi lebih bersemangat menjalani aktivitas di esok hari.

Baca Juga   Air Hangat Termasuk Zat Tunggal atau Campuran? Ini Faktanya

3. Meredakan Sembelit

Sembelit adalah kondisi dimana pada pergerakan usus dengan tidak baik karena ketika terjadi sembelit pergerakan usus tidak teratur. Hal ini menjadi penyebab untuk buang air besar.

Bukan hanya mengganggu aktivitas, sembelit juga terjadi pada waktu yang cukup lama dan dapat membuat kesehatan terganggu. Cara mengatasi sembelit salah satunya yaitu mandi dengan air hangat, dan bisa ditambah dengan menggunakan garam.

4. Mengurangi Gejala Wasir

Wasir adalah pelebaran dan peradangan pembuluh darah vena letaknya di sekitar anus dan bagian bawah rektum. Jika terdapat benjolan di lubang anus bisa disebut juga dengan wasir. 

Untuk mengurangi keluhan pada wasir, kalian dapat mandi dengan air hangat atau merendam anus dan pinggul. Nah, jadi kalian bisa mandi air hangat dan berendam di air hangat untuk mengurangi gejala wasir.

5. Mengurangi Nyeri akibat Prostatitis

Prostatitis yaitu peradangan pada daerah prostat, kelenjar prostat yaitu kelenjar yang memproduksi cairan mani yang berfungsi jadi pelindung sperma. Kelenjar ini letaknya ada di bawah kandung kemih. 

Prostatitis bisa menyerang semua laki-laki berbagai usia, tapi umumnya terjadi pada usia kurang dari lima puluh tahun. Prostatitis bisa membuat susah buang air kecil, untuk mengatasi nyeri akibat prostatitis kalian bisa berendam dan mandi menggunakan air hangat.

6. Meredakan Penyakit Kulit

Gatal yang ada di kulit termasuk masalah kulit yang umumnya dihadapi semua orang. Ada berbagai sebab terjadinya gatal di kulit contohnya kulit kering, gigitan serangga atau masalah kesehatan di kulit. 

Mandi dengan air hangat bisa membuat rasa nyaman di kulit yang gatal. Namun, harus diingat jika kondisi tersebut hanya bisa meredakan rasa gatal dan tidak menyembuhkan. Mandi air hangat juga bisa melembabkan dan mengatasi peradangan pada kulit.  

7. Mengurangi Stres

Jarang-jarang aktivitas rutin yang kita jalani membuat stres dan cemas yang berakibat buruk pada kondisi mental. Nah, solusi untuk mengurangi stres yaitu mandi dengan air hangat.

Baca Juga   Mandi Pakai Air Hangat Apakah Baik ? Ini Dia Jawabannya

Uap air hangat bisa melembutkan otot-otot wajah sehingga kita bisa merasa lebih rileks. Selain itu juga, mandi dengan air hangat bisa membuat kita tenang jadi bisa melepas beban pikiran, mengurangi stres, dan kecemasan.

8. Melegakan Pernapasan

Jika hidung kita sedang tersumbat karena flu, mandilah dengan air yang hangat. Mandi air hangat bisa meredakan hidung tersumbat, flu, sinusitis dan pilek. Uap dari air hangat bisa melembabkan dan juga membersihkan saluran pernapasan sehingga kita bisa bernapas dengan lega. Nah, jadi mandi dengan air hangat bisa membuka saluran hidung yang tersumbat dan melembabkan saluran hidung.

9. Meredakan Rasa Gatal Setelah Proses Episiotomi

Sebagian besar proses persalinan normal membutuhkan episiotomi. Episiotomi adalah tindakan insisi pada wanita yang dilakukan saat persalinan yang bertujuan untuk memperbesar orifisium vagina dan memudahkan jalan keluarnya bayi. 

Terapi mandi air hangat meningkatkan kesehatan tubuh, dengan  merendam anus, termasuk bagian perineum bisa menjaga kebersihan luka episiotomi dan juga mengatasi gatal atau nyeri di bagian perineum.

10. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Jika peredaran darah berjalan baik, maka organ tubuh pun akan bekerja sesuai dengan fungsinya. Manfaat mandi air hangat sangat banyak salah satunya meningkatkan sirkulasi darah. Air hangat bisa membuat pembuluh darah menjadi lebar dan mudah mengalir ke seluruh tubuh.

Setelah kita mengetahui manfaat terapi mandi dengan air hangat, terapi mandi air hangat juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Terapi Mandi Air Hangat Bisa Menyembuhkan Penyakit Apa Saja?

Terapi Mandi Air Hangat Bisa Menyembuhkan Penyakit Apa Saja_ distributor ariston (3)

Manfaat terapi mandi air hangat yang terpopuler yaitu membuat tubuh menjadi rileks. Tidak hanya membuat tubuh rileks, terapi air hangat juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit berikut diantaranya : 

1. Mengangkat ketegangan otot dan mengatasi nyeri otot

Air hangat bisa merilekskan otot tegang selain itu juga mempercepat aliran darah ke area yang kaku. Mandi dengan air hangat bisa mengatasi nyeri di tubuh seperti punggung, leher dan juga bahu

Baca Juga   Water Heater Listrik Yang Bagus Merk Apa?

2. Gejala flu dan pilek

Pilek adalah gangguan kesehatan yang terjadi di seseorang yang imunnya sedang menurun, terjadi karena infeksi yang menyerang tubuh. Gejala pilek ini terjadi akibat  alergi, udara dingin atau sinusitis akut. Jadi solusi ketika kita sedang flu dan pilek kita bisa mandi dengan air hangat, uap air hangat dapat melembabkan saluran hidung, tenggorokan, dan juga lendir yang ada di hidung jadi lebih cair.

Jadi itulah penyakit-penyakit yang bisa disembuhkan dengan terapi mandi air hangat.

Perlu diketahui kapan waktu yang tepat untuk mandi air hangat, dikutip dari Syuara.com. Dr Berian Rochmanadi mengatakan bahwa mandi air hangat di pagi ataupun malam hari, dua-duanya merupakan waktu yang tepat namun memberikan manfaat yang beda untuk tubuh.

Lalu bolehkah kita mandi air hangat setiap hari? Mandi air hangat setiap hari boleh dong tapi ada syaratnya, apa sih syaratnya? Mari kita simak penjelasannya : 

  1. Memastikan suhu air agar tidak terlalu panas, suhu air untuk mandi yang baik yaitu  dibawah 40 derajat Celcius.
  2. Jauhi mengeringkan tubuh dengan digosok, namun cukup ditepuk-tepuk sampai kering. Pastikan menggunakan handuk yang lembut dan juga bersih.

Nah, jadi itu adalah waktu yang tepat untuk mandi air hangat dan syarat mandi air hangat. 

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel ini adalah menjelaskan 10 manfaat terapi mandi menggunakan air hangat selain itu juga menjelaskan terapi mandi air hangat bisa menyembuhkan berbagai penyakit, kapan waktu yang tepat untuk melakukan terapi mandi air hangat dan syarat mandi air hangat.Agar mandi dengan air hangat lebih mudah dan nyaman sebaiknya gunakan water heater dari water heater Ariston. Water heater Ariston juga memiliki spesifikasi tinggi, memberikan biaya yang terjangkau, dan memiliki layanan servis serta after sales terbaik. Yuk, segera klik.disini untuk info pemesanan dan nikmati kenyamanan air hangatnya untuk tubuh kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top