Tips Memilih Solar Water Heater

Tips Memilih Pemanas Air Tenaga Surya atau Solar Water Heater

Ada beberapa tips atau cara kita dalam hal memilih pemanas air sebelum kita beli, agar mendapatkan produk yang ideal, awet, mudah perawatannya serta jaringan service yang luas dan handal serta tak kalah penting adalah harga yang bisa bersaing. Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya kita teliti sebelum membeli agar tidak menyesal kelak dikemudian hari.

Beberapa tips mungkin bisa membantu anda untuk memilih dan memilah, produk pemanas air mana yang bakal anda lirik untuk dijadikan referensi yang selanjutnya anda putuskan untuk anda beli.

 

1.Brand Produk

Seperti kita ketahui bersama, “Brand” adalah identitas, isi, maupun kualitas suatu produk yang darinya kita bisa merasakan kualitas sebuah produk tersebut. Ariston merupakan sebuah produk dengan Brand yang kuat. Karena keahlian skala global yang dimiliki serta selain kualitas produk yang sudah terbukti dan teruji, ariston sudah mendapat kepercayaan jutaan konsumen dan mengenalkan lebih dari 50 tahun di 150 negara di dunia.

Baca : Top Brand Pemanas Air

2. Jaringan Service Resmi

Hal ini juga penting, karena selain produknya bagus, layanan service juga harus ahli dan bisa ditemukan dekat dengan lokasi anda. Ariston dengan jaringan Ariston Sevice Center (ASC) nya yang sudah menyebar hampir tiap kota di indonesia, memudahkan anda untuk melakukan perawatan rutin maupun service yang berkelanjutan agar kualitas produk yang diinginkan selalu terjaga kebermanfaatannya. Dapat selalu menyediakan air panas berkualitas di setiap saat bagi seluruh keluarga.

 

3. Jumlah Pemakai

Jumlah pemakai di rumah Anda akan berkaitan dengan jumlah kapasitas tangki air yang dibutuhkan. Misal, tangki 15 liter itu idealnya untuk 2 orang penghuni. Sedangkan water heater dengan tangki 30 liter bisa dipakai untuk 3 hingga 4 orang. Sedang untuk varian pemanas air tenaga surya sendiri berkapasitas besar, hal ini dikarenakan mesin ini menggunakan tenaga matahari sebagai pemanasnya, jadi tidak ada listrik sama sekali. Oleh karena itu, Anda mempertimbangkan jumlah  yang akan memakai atau penghuni rumah yang akan memakai water heater, mandi air hangat bisa terhambat karena membutuhkan waktu untuk menunggu airnya panas kembali. Terlebih untuk model pemanas menggunakan tenaga surya karena harus menunggu sampai esok matahari bersinar kembali untuk memanaskan lagi air yang ada untuk dimasukkan dalam tangki.

4. Pipa Instalasi

Untuk menggunakan pemanas air atau water heater, rumah anda membutuhkan 2 instalasi pipa, yaitu pipa untuk air panas dan pipa untuk air dingin. Oleh karena itu anda sebaiknya memastikan terlebih dahulu, instalasi pipa di rumah anda.  Hal ini pun nantinya bisa berkaitan dengan peletakan pemanas airnya, apakah akan diletakan di dalam kamar mandi atau di area lain dibagian rumah anda. Namun sebenarnya beberapa produk water heater kini banyak yang memiliki desain yang menarik, unik dan stylish sehingga ketika dipasang di dalam kamar mandi sekalipun masih tetap artistik, seperti desain dari produk Ariston yang dikenal juga sangat stylish. Jadi, pastikan instalasi pipanya agar memudahkan menentukan pemasangan pipa selanjutnya, perlu atau tidak perlu.

5. Energi

Sebelum menentukan jenis pemanas air ini, Anda perlu menentukan juga beberapa hal yang akan Anda hadapi dalam teknis perawatan dan biaya operasionalnya. Misalnya water heater solar atau menggunakan tenaga surya, tentu saja akan memiliki harga yang lebih tinggi untuk membelinya, namun ini merupakan investasi jangka panjang, karena ke depan, Anda tidak perlu lagi untuk memikirkan biaya listrik atau gas. Sama halnya dengan pemanas air yang berenergi listrik atau gas, tentu Anda perlu menyiapkan biaya pengeluaran untuk membayar listrik atau gas untuk pengoperasian pemanas air jenis ini.

6. Daya Listrik

Perhatikan juga daya listrik dirumah anda sebelum menetukan apa sih jenis water heater yang akan anda beli. Sesuaikan dengan kapasitas yang dimiliki, sehingga pemanas air bisa berjalan lancar dan optimal tanpa mengganggu penguunaan listrik lainnya. Namun sebenarnya, jika Anda memilih produk-produk dari Ariston, kini produk asal Italia ini memberikan solusi produk yang hemat listrik yang disesuaikan dengan kapasitas airnya. Seperti water heater dengan kapasitas 15 liter, 20 liter dan 30 liter bisa digunakan di rumah dengan kapasitas daya listrik relatif rendah yaitu 350 watt. Berbeda dengan pemanas air tenaga surya, water heater jenis ini hanya membutuhkan tenaga panas matahari untuk memanaskan airnya, jadi anda tidak perlu pusing memikirkan daya listrik rumah anda.

7. Perawatan dan Keamanan

Masalah sistem keamanan produk pemanas air adalah tidak kalah penting. Untuk produk Ariston sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang telah memperoleh sertifikat keamanan International Electro-technical Commission dan Singapore Standards. Untuk perawatannya pun Anda perlu memerhatikan seperti anti bocor dan anti karat. Hal ini bisa menjaga water heater Anda beroperasi jangka panjang. Di perusahaan kami sebagai Authorized Distributor Resmi Ariston sekaligus Ariston Service Center tersedia layanan service center dengan Layanan Ariston Service Centernya yang siap melayani anda mulai dari survey pemasangan, detail produk yang cocok untuk anda, hingga layanan service purna jual.
WhatsApp Hubungi Kami Melalui WhatsApp