Manfaat Mandi Air Hangat Setiap Hari

Manfaat Mandi Air Hangat

Manfaat Mandi Air Hanget

Manfaat Mandi Air Hangat. Setelah melalui hari yang melelahkan, mandi air panas pastilah sesuatu yang menyenangkan. Selain lebih nyaman dibadan, ternyata mandi air panas ini memiliki banyak manfaat lainnya. Anda Penasaran? Mari kita kupas dan cari tahu manfaat serta keuntungan mandi dengan air panas di sini.

Mandi setelah beraktivitas seharian akan membuat tubuh kita kembali segar. Mandi juga akan membuat tubuh kita sehat dan menghilangkan semua kotoran-kotoran yang melekat pada tubuh kita. Sehingga, bila kita tidak mandi sehari saja, pastilah badan terasa gatal-gatal, lengket diseluruh tubuh.

Ada sebagian orang suka mandi dengan air dingin, tetapi ada juga yang lebih terbiasa dengan mandi air hangat. Daaan, Mandi air hangat ternyata lebih di anjurkan loh, daripada kita mandi dengan air yang dingin. Hal ini di karenakan ada segudang manfaat yang kita peroleh jika kita membiasakan mandi dengan air hangat ini. Air panas yang beruap ini ternyata bermanfaat untuk membuka pori-pori kulit kita. Segala kotoran yang mengendap di kulit bisa dibilas dengan lebih bersih tanpa khawatir tertinggal. Tapi jangan lupa untuk menyiram kembali kulit dengan air dingin. Tujuannyab agar supaya pori-pori kembali mengecil.

 

Tidak Disangka Ternyata Banyak Manfaat Mandi Air Hangat Ini

 

Berikut ini manfaat mandi air hangat yang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kita :

1. Dapat melancarkan peredaran darah

Inilah alasan badan jadi lebih segar setelah mandi air hangat, yaitu karena peredaran darah menjadi lebih lancar. Air hangat dipercayamembuat kinerja pembuluh darah yang didalamnya mengandung oksigen ke otak menjadi lebih maksimal. Otak apabila bekerja dengan baik akan membuat organ-organ lain bekerja dengan lebih baik pula.

2. Penghilang dan pereda stres

Apakah anda sedang banyak pikiran sepulang kerja? Jangan berlama-lama, Langsung pergi dan nikmati segarnya air panas sambil anda mandi melepas penat. Saat mandi air hangat, janganlah terburu-buru, luangkan waktu beberapa saat dan nikmati setiap menit waktu untuk bersantai didalam air hangat. Dengan melakukan ini, Anda akan mendapatkan efek tenang dan rileks pada tubuh. Lakukan ritual atau aktifitas mandi air hangat ini setiap kali anda selesai melakukan aktivitas yang melelahkan. Dijamin akan menghilangkan stres dan membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.

3. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa berendam dalam air panas dapat menurunkan tekanan darah. Air panas dipercaya melancarkan sirkulasi peredaran darah, di mana jantung adalah sebagai alat pemompa cairan merah ini ke seluruh tubuh. Ini adalah sistem yang baik untuk mereka yang memiliki kondisi jantung yang cukup berhati-hati terhadap peningkatan tekanan darah mereka. Jika Anda memiliki kondisi fungsi jantung yang kurang, maka pertama-tama konsultasikan dengan dokter, karena mandi air hangat ini juga akan meningkatkan denyut jantung Anda. Jika dokter mengatakan tidak apa-apa, maka mandi air hangat merupakan salah satu cara yang baik untuk menurunkan tekanan darah Anda.

4. Membantu menyembuhkan sakit kepala dan flu

Mandi dengan air hangat dapat memungkinkan Anda untuk menghirup uapnya yang mampu bertindak sebagai dekongestan alami, Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti minyak peppermint atau minyak kayu putih sebagai sensasi relaksasi yang lebih kuat. Selain itu air hangat yang dicampur dengan minyak ini bisa membantu melawan dahak dan sakit tenggorokan. Selain itu juga, air hangat ini bisa mempercepat sirkulasi darah yang dapat membantu meringankan sakit kepala.

5. Membantu mengatasi susah tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas

Kelelahan sering kali mendatangkan masalah-masalah baru, seperti sulit tidur di malam hari (insomnia). Padahal tubuh kita membutuhkan istirahat yang cukup agar memiliki energi untuk beraktifitas di esok hari. Bila mengalami kesulitan tidur, cobalah untuk berendam dalam bak mandi berisi air hangat dan biarkan tubuh Anda untuk rileks. Otot yang terasa lebih rileks setelah mandi air hangat ini akan membantu anda memberikan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.

6. Dapat melembapkan kulit

Mandi air hangat akan membuka pori-pori kulit dan membersihkan semua kotoran serta minyak yang menempel pada tubuh Anda. Kehangatan alami dari air hangat ini akan melembapkan kulit dan juga membuatnya kenyal serta lembut.

7. Dapat melepaskan racun atau toksid

Manfaat mandi air hangat ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan sistem getah bening dalam tubuh, hal ini akan menyebabkan Anda berkeringat dan efeknya tubuh akan terdorong untuk melepaskan racun dan bakteri jahat dari tubuh.

8. Membantu menurunkan berat badan

Dalam studi yang lain menunjukkan bahwa orang yang menderita diabetes dan berendam di bak mandi air panas secara rutin dan teratur dapat menurunkan kadar glukosa dan gula dalam darah. Studi ini menemukan bahwa berendam di air panas selama kurang lebih 20-30 menit, 6 hari dalam seminggu, membuat peserta kehilangan hampir 2,5 pon (2 kg) per bulan dibandingkan dengan kelompok yang hanya kontrol ke dokter tanpa melakukan aktifitas berendam air hangat ini.

9. Meningkatkan kecerdasan otak

Berendam dalam air hangat dapat menenangkan sistem saraf, sekaligus mengurangi rasa sakit dan peradangan. Tingkat stres, kegelisahan dan kecemasan juga berkurang secara signifikan setelah berendam ataupun mandi dengan air hangat ini. Efek tenang, nyaman dan rileks ini akan meningkatkan mood hati dan lancarnya peredaran darah ke otak yang berimbas pada entengnya kerja otak menjalankan fungsinya untuk berfikir.

10. Dapat Mengurangi sakit kepala

Sebagian besar jenis sakit kepala disebabkan karena penyempitan pembuluh darah di kepala. Efek positif dari air panas ini pada pembuluh darah kita jadi lebih lancar, hal ini dapat digunakan untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan dapat mengurangi sakit kepala, bahkan bisa menyembuhkan sakit kepala kita. Suhu yang panas dan tekanan air juga akan dengan lembut meringankan tulang belakang kita dari setiap rasa sakit atau ketidaknyamanan. Studi yang lain juga telah ditemukan, mandi air hangat ini dapat meringankan gejala-gejala penyakit Parkinson.

11. Melindungi otot dan sendi

Dengan mandi air hangat ini akan menjadikan otot, persendian, bahkan tulang mengalami perubahan yang ajaib. Menurut penelitian, suhu air hangat dapat membantu meredakan efek kondisi seperti osteoarthritis, tanpa menyebabkan gejala eksaserbasi ataupun efek-efek merugikan lainnya.

 

Itulah sebagian manfaat dari aktifitas mandi air hangat. Ada seabrek manfaat lain yang bisa kita dapatkan dengan merutinkan mandi air hangat ini. Ada berbagai macam cara untuk kita mendapatkan air hangat yang akan kita gunakan untuk aktifitas mandi air hangat ini supaya manfaat-manfaat tersebut diatas kita dapatkan. Ada cara tradisional untuk mendapatkan air hangat ini seperti menggunakan panci yang ditaruh diatas kompor yang menyala api, ini bisa kita lakukan tetapi kurang praktis dan kurang menghemat waktu, tenaga maupun biaya serta hal ribet lainnya jika kita kehabisan gas elpiji.

Ariston hadir untuk membantu anda menyiapkan air hangat yang berkualitas untuk anda mandi dan menikmati kesegaran air hangat yang bisa tersaji setiap saat tanpa anda repot kehabisan elpiji. PT Indotech Energi Persada sebagai salah satu Authorized Distributor Ariston siap menyediakan Pemanas Air yang hemat energi, mudah penggunaannya, mudah perawatannya, dan Service After Sales yang bisa diandalkan, karena PT Indotech Energi Persada juga terdaftar resmi sebagai Ariston Service Center (ASC) dalam hal pemasangan maupun perawatan secara berkala produk-produk pemanas air dari ariston.

Hubungi kami segera memalui hotline (021) 2294 0935 atau HP/WA di 0811.178.844

WhatsApp Hubungi Kami Melalui WhatsApp