Kelebihan Dan Kekurangan Pemanas Air Tenaga Surya

Kelebihan Dan Kekurangan Pemanas Air Tenaga Surya distributorariston.com

Kelebihan Dan Kekurangan Pemanas Air Tenaga Surya

Kelebihan dan kekurangan pemanas air tenaga surya bisa di analogikan seperti kita membeli produk rumah tangga, otomotif atau elektronik lainnya, pastilah semua produk mempunyai kelebihan baik dari segi kualitas, fungsi, harga dan sebagainya serta mempunyai kekurangannya. Pun, dengan jenis produk pemanas air, selain jenisnya yang beragam, kapasitas dan cara penanganannya pun berbeda.

Secara garis besar, pemanas air ini dapat kita kelompokkan pada jenis sumber energi yang digunakan untuk memanaskan air ini. Dimana energi ini diteruskan sehingga dapat menyediakan kualitas air panas yang kita inginkan. Pemanas air merek ariston ini dapat kita klasifikasi menjadi 4 jenis :

1. Pemanas Air Tenaga Surya yaitu tipe pemanas yang menggunakan energi matahari untuk memanaskan elemen-elemen mesin tersebut sehingga elemen yang sudah panas tersebut akan mentransfer energi panas matahari untuk diteruskan ke air yang kemudian di tampung di dalam tabung. Tipe pemanas ini tidak menggunakan listrik sama sekali sehingga elemen-elemennya seperti kaca penyerap panas haruslah yang berkualitas tinggi sehingga penyerapan panasnya maksimal.

2. Pemanas Air Listrik yaitu tipe pemanas yang menggunakan energi listrik untuk memanaskan elemen-elemen mesin tersebut sehingga elemen yang sudah panas tersebut akan mentransfer atau meneruskan panasnya ke dalam air yang tersedia tersebut yang selanjutnya disalurkan melalui pipa ke keran output.

3. Pemanas Air Gas yaitu tipe pemanas yang menggunakan energi gas (elpiji) untuk memantik api yang digunakan untuk memanaskan air yang melewati pipa-pipa dimana terdapat air mengalir didalamnya. Prinsip kerjanya hampir sama dengan kompor gas, yaitu memanaskan air dengan energi api.

4. Pemanas Air Heat Pump menggunakan teknologi dimana berkebailkan dengan AC (Air Conditioner) dimana jika AC untuk indoornya adalah udara dingin dan untuk outdoor udara panas, maka Heat Pump indoornya adalah udara panas yang kemudian diteruskan untuk memanaskan air, dan outdoornya adalah udara dingin.

 

Pada kali ini kita akan bahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari tipe pemanas air tenaga surya atau pemanas air tenaga matahari.

KELEBIHAN

1. Hemat Energi
Inilah yang menjadi pertimbangan utama dimana untuk listrik terutama, seiring waktu semakin naik harga per kwhnya. Pemanas jenis ini bisa menjadi solusi untuk menghemat listrik karena zero listrik dalam penggunaannya.

2. Ramah Terhadap Lingkungan
Karena menggunakan energi matahari maka bisa dipastikan kecil sekali kemungkinan untuk polusi maupun resiko dari listrik seperti konsleting (untuk semua tipe pemanas ariston listrik sudah dilengkapi dengan safety). Jadi safety sekali untuk penggunaannya.

3. Daya Tampung Banyak
Rata-rata untuk jenis pemanas ini berkapasitas besar mulai 100 liter keatas sehingga sangat awet untuk keperluan mandi sehari-hari. Adapun untuk kapasitas tangki ini jika anda akana membeli tetap dihitung berdasarkan jumlah penghuni rumah, karena jika salah hitung bisa jadi kehabisan air panas sebelum anggota keluarga lain menggunakannya.

4. Garansi Panjang
Untuk garansi, ariston sendiri berani menggaransi produk solar water ini 10 tahun untuk jenis kairos thermo indirect. (Baca juga : Perbedaan Direct dan Indirect) Adapun tipe lain untuk pemanas air tenaga surya ini ada yang 7 tahun dan 5 tahun. Menurut pengalaman, jika pemanas ariston jenis tenaga surya ini dipasang dan tidak ada servis rutin sama sekali dengan kualitas air yang sangat rendah (seperti di tepi pantai,dll), baru pada tahun ke 5 mengalami kebocoran karena kerak menempel pada elemennya. Bagaimana jika kualitas airnya bagus? tentu lebih lama lagi.

KEKURANGAN

1. Dimensi Besar
Karena kapasitas tankinya yang besar, maka membutuhkan banyak ruang atau tempat untuk pemasangannya.

2. Penempatan Harus Sesuai
Tidak sembarang tempat pemasangan pemanas jenis ini bisa dilakukan. Penempatan harus terkena sinar matahari penuh agar kaca kolektor bisa bekerja maksimal menyerap panas matahari untuk memanaskan air tersebut.

3. Keahlian Khusus
Tidak sembarang orang bisa memasang pemanas air jenis ini,karena butuh keahlian khusus untuk menanganinya. Ariston menerapkan standar yang tinggi untuk pemasangannya agar sesuai SOP dan pada akhirnya akan memberikan fungsi yang optimal kinerja unit tersebut.

4. Survei Lokasi
Setiap proses order, maka terlebih dahulu harus di cek dan survey lokasi untuk pemasangannya apakah hendak pasang di dak atau digenteng. Team kami sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam menangani hal ini, jadi tidak perlu khawatir untuk detail teknis pemasangan hingga unit bisa beroperasi maskimal.

5. Harus di Hitung
Untuk menentukan jenis kapasitas maupun tipe pemanas yang akan dibeli, calon customer harus menghitung detail dari jumlah keluarga yang akan menggunakannya untuk mandi. Jumlah anggota keluarga, tipikal mandi,lama mandi, dan jenis kran air yang digunakan juga mempengaruhi parameter pemilihan pemanas jenis ini. Tetapi tenang, kami sudah mempunyai team ahli untuk hal ini, jadi bisa menghindarkan anda dalam hal salah beli produk.

Demikian sekilas mengenai kelebihan dan kekurangan pemanas air tenaga surya, adapun untuk jenis pemanas lain seperti pemanas air listrik, pemanas air gas, dan pemanas air heat pump akan kita bahas dalam artikel pada bab lainnya.

WhatsApp Hubungi Kami Melalui WhatsApp