Perbedaan Direct dan Indirect Pemanas Air

PERBEDAAN DIRECT DAN INDIRECT SISTEM PEMANAS AIR TENAGA SURYA ARISTON

Tentu anda bertanya-tanya, apa sebenarnya perbedaan direct dan indirect sistem pada pemanas air khususnya pada produk pemanas air tenaga surya atau solar water heater. Seperti kita ketahui, produk pemanas air yang bertenaga matahari keluaran ariston ada 2 versi dalam sistem pemanasannya yaitu Direct dan Indirect sistem. Produk yang menggunakan sistem indirect terdapat pada produk tipe Kairos Thermo HF , adapun tipe yang menggunakan tipe direct ini seperti tipe Kairos Thermo Direct 150-1/TR. Adapun untuk tipe lain bisa dilihat dihalaman produk.

 

NATURAL SIRKULASI DIRECT SISTEM

Prinsip kerja dari Solar water heater tipe “Direct System” adalah dimana air yang masuk kedalam tangki dan air yang dipanaskan dan dipakai oleh konsumen adalah air yang sama. Cara kerjanya yaitu air dingin masuk kedalam tangki dann mengisi kedalam pipa tembaga pada kolektor, kemudian kolektor akan menerima energi panas dari matahari dan menyalurkan kedalam air pada pipa tembaga. Berkat efek thermosiphon dimana berat jenis air panas lebih ringan dibandingkan air dingin, maka air panas akan selalu berada di posisi atas dari tangki. Begitu seterusnya hingga seluruh air didalam tangki menjadi panas.

Gambaran direct sistem terdapat pada bagan berikut ini :

DIRECT SISTEM

 

 

NATURAL SIRKULASI INDIRECT SISTEM

Prinsip kerja dari Solar water heater tipe “InDirect System” adalah terdapat 2 lapisan tangki, yaitu:
1. Tangki Bagian Dalam
Adalah tempat air yang telah dipanaskan serta air dingin yang akan dipanaskan melalui tangki bagian luar ( heat
exchanger).
2. Tangki Bagian Luar ( Heat Exchanger).
Adalah tempat air panas hasil penyerapan dari energi matahari.

Cara kerja nya yaitu Tangki bagian luar yang telah menerima panas dari energi matahari kemudian mentrasfer energi panas nya kedalam tangki bagian dalam hingga panas melalui proses efek thermosiphon.

Gambaran Indirect sistem terdapat pada bagan berikut ini :

INDIRECT SISTEM

 

Untuk pemilihan apakah akan menggunakan Pemanas air dengan direct sistem maupun indirect sistem, hal ini kembali kepada anda. Ariston menghadirkan pilihan ini disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anda. Semua produk-produk ariston sudah melewati proses dan standar uji yang ketat untuk menghasilkan produk dengan tingkat kepuasan yang tinggi bagi konsumen di indonesia maupun mancanegara. Anda dapat menghubungi kami melalui line telephone yang tersedia di situs ini untuk keterangan lebih lanjut.

WhatsApp Hubungi Kami Melalui WhatsApp