solar water heater Ariston tenaga surya Distributor Ariston

Ariston Pemanas Air Tenaga Surya

Pemanfaatan energi terbarukan semakin mendapat perhatian, terutama dalam hal pemanas air. Salah satu solusi yang tengah populer adalah penggunaan pemanas air tenaga surya. Dalam konteks ini, Ariston menjadi salah satu tipe produknya, seperti Ariston Kairos Thermo. Artikel ini akan membahas beberapa aspek penting terkait, termasuk harga solar water heater Ariston, cara kerja pemanas air tenaga surya, dan pertimbangan untuk memilih pemanas air tenaga surya terbaik.

Solar Water Heater Ariston

Kairos Thermo DR-2 dan Kairos Thermo HF-2

Menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi panasnya, solar water heater memanaskan air dalam tangki menggunakan energi panas tersebut. Berdasarkan proses pemanasannya, pemanas air tenaga surya Ariston terbagi menjadi dua, yaitu sistem pemanasan langsung (direct system) dan tidak langsung (indirect system). Berikut penjelasan mengenai solar water heater direct dan indirect

Pemanasan Langsung (Direct)

Sistem pemanasan langsung (direct heating) pada solar water heater adalah konfigurasi di mana air yang akan dipanaskan langsung mengalir melalui kolektor surya sebelum masuk ke dalam tangki penyimpanan. Prosesnya sederhana, yakni saat matahari memancarkan sinarnya ke kolektor surya, energi dari sinar matahari tersebut diserap oleh panel surya dan kemudian digunakan langsung untuk memanaskan air yang mengalir melaluinya.

Dalam sistem pemanasan langsung, air yang dingin masuk ke kolektor surya, dipanaskan oleh energi matahari, dan kemudian dialirkan kembali ke tangki penyimpanan sebagai air panas siap pakai. Dengan pendekatan ini, tidak ada mediator atau cairan pemanas tambahan yang digunakan untuk memindahkan panas dari kolektor surya ke tangki penyimpanan.

Keuntungan utama dari sistem pemanasan langsung adalah kesederhanaannya. Tidak ada perantara yang diperlukan untuk memindahkan panas, sehingga efisiensi sistem ini bisa lebih tinggi karena tidak ada energi yang terbuang. Namun, kelemahannya terletak pada risiko kerusakan pada tangki penyimpanan jika terjadi kondisi suhu yang ekstrem atau jika sistem tidak digunakan dengan tepat.

Baca Juga   Air Hangat untuk Diare, Cara Menyembuhkan Diare dengan Cepat dan Alami

Sistem pemanasan langsung pada solar water heater sering digunakan pada skala rumah tangga atau aplikasi yang lebih kecil, di mana kesederhanaan dan kinerja yang cukup adalah faktor utama yang dipertimbangkan.

Berbicara tentang brand Ariston, terdapat produk solar water heater dengan sistem direct yaitu Ariston Kairos Thermo DR-2, CF-2, yang memiliki berbagai ukuran tangki mulai dari 100-300 liter. Pemasangannya pun dapat dilakukan di genting (atap mirip) atau di dak (atap datar).

Pemanasan Tidak Langsung (Indirect)

Sistem pemanasan tidak langsung (indirect heating) pada solar water heater adalah konfigurasi di mana cairan pemindah panas, seperti antifreeze (zat penghambat pembekuan) atau cairan lainnya, dipanaskan oleh kolektor surya dan kemudian panasnya ditransfer ke air yang akan digunakan melalui sebuah penukar panas.

Pada sistem ini, cairan pemindah panas yang terpanaskan oleh energi matahari di kolektor surya dialirkan melalui penukar panas yang terletak di tangki penyimpanan air. Penukar panas ini memindahkan panas dari cairan pemindah panas ke air yang disimpan di tangki penyimpanan. Dengan cara ini, air yang digunakan tidak langsung terpapar oleh cahaya matahari atau panas dari kolektor surya, melainkan panasnya ditransfer melalui cairan pemindah panas.

Keuntungan utama dari sistem pemanasan tidak langsung adalah perlindungan terhadap air yang akan digunakan dari risiko pembekuan pada kondisi suhu yang sangat rendah dan juga potensi kerusakan yang disebabkan oleh tekanan atau suhu ekstrem. Selain itu, sistem ini memungkinkan penggunaan berbagai jenis air untuk dikonsumsi tanpa khawatir terhadap sanitasi atau kualitas air yang terpapar langsung oleh kolektor surya.

Namun, sistem ini memiliki kompleksitas yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan sistem pemanasan langsung karena membutuhkan komponen tambahan seperti penukar panas dan cairan pemindah panas. Ini juga dapat sedikit mengurangi efisiensi energi karena ada tahap tambahan dalam proses transfer panas dari kolektor surya ke air yang digunakan.

Baca Juga   Mandi Air Hangat di Sore Hari Dan Efeknya yang Mengejutkan!

Adapun produk solar water heater dari Ariston yaitu Ariston Kairos Thermo HF-2. Produk ini ada yang terdiri dari 1 kolektor atau dua kolektor surya.

Harga Solar Water Heater Ariston

Harga Solar Water Heater Ariston

Harga solar water heater Ariston dapat bervariasi tergantung pada tipe dan kapasitas produk yang dipilih. Ariston menawarkan berbagai model solar water heater, termasuk yang menggunakan teknologi terkini seperti Ariston Kairos Thermo. Untuk model yang lebih sederhana dengan kapasitas kecil, harga dapat dimulai dari sekitar kurang lebih 20 juta rupiah. Sementara itu, untuk model yang lebih canggih dan memiliki kapasitas yang lebih besar, harga bisa mencapai lebih dari itu, tergantung pada spesifikasi produk.

Perlu diingat bahwa harga tersebut bersifat perkiraan dan dapat berubah tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi geografis, biaya pemasangan, dan fitur tambahan yang mungkin dimiliki oleh produk tertentu. Pastikan untuk mendapatkan penawaran harga yang spesifik dari distributor atau penyedia jasa pemasangan solar water heater di wilayah tempat tinggalmu.

Meskipun investasi awal untuk solar water heater mungkin terlihat cukup besar, perlu diingat bahwa solar water heater memiliki potensi untuk mengurangi tagihan listrik bulanan dan memberikan pengembalian investasi dalam jangka waktu tertentu melalui penghematan energi. Sebelum memutuskan, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan energi air panas kamu, lokasi instalasi, dan manfaat jangka panjang dari penggunaan solar water heater Ariston.

Harga seringkali menjadi faktor penentu dalam memilih peralatan rumah tangga, termasuk pemanas air tenaga surya. Ariston menawarkan berbagai model, dan kamu pasti ingin tahu berapa investasi yang harus kamu siapkan. Artikel ini akan memberikan informasi terperinci mengenai harga solar water heater Ariston, sehingga kamu bisa membuat keputusan yang tepat sesuai dengan anggaranmu.

Kesimpulan

Pemanfaatan energi terbarukan, khususnya dalam hal pemanas air, semakin mendapat perhatian yang besar. Penggunaan pemanas air tenaga surya telah menjadi solusi yang sangat populer dalam menghadirkan alternatif ramah lingkungan. Dalam konteks ini, Ariston telah menjadi salah satu pemain utama dalam industri ini, terutama melalui produk unggulannya, Ariston Kairos Thermo. Artikel ini membahas aspek-aspek kunci terkait solusi pemanas air tenaga surya, termasuk harga solar water heater Ariston, cara kerja pemanas air tenaga surya, dan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih produk terbaik.

Baca Juga   Penjelasan Mengenai Air Jeruk Nipis Hangat untuk Asam Lambung

Pemanas air tenaga surya Ariston memiliki variasi dalam hal sistem pemanasannya, dengan yang terbagi menjadi sistem pemanasan langsung (direct system) dan sistem pemanasan tidak langsung (indirect system). Sistem pemanasan langsung memanfaatkan sinar matahari secara langsung untuk memanaskan air yang mengalir melalui kolektor surya, sementara sistem pemanasan tidak langsung menggunakan cairan pemindah panas yang dipanaskan oleh kolektor surya sebelum panasnya ditransfer ke air melalui penukar panas. Keunggulan dan kelemahan masing-masing sistem harus dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan dan situasi pengguna.

Harga solar water heater Ariston bervariasi tergantung pada model dan kapasitas produk yang dipilih. Secara umum, harga untuk produk yang lebih sederhana dan berkapasitas kecil dapat dimulai dari sekitar 20 juta rupiah, sedangkan untuk model yang lebih canggih dan besar, harganya dapat melebihi angka tersebut. Meskipun investasi awalnya mungkin besar, penting untuk mempertimbangkan manfaat jangka panjang dalam hal penghematan energi yang dapat memberikan pengembalian investasi dalam jangka waktu tertentu. Namun, faktor seperti lokasi, biaya pemasangan, dan fitur tambahan juga perlu dipertimbangkan sebelum membuat keputusan pembelian.

Temukan produk solar water heater Ariston pilihanmu dan rasakan segarnya mandi air hangat tiap waktu. Bingung mau pilih yang mana? Jangan ragu konsultasikan kebutuhan solar water heater mu di 08111788445, ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top