Harga Ariston Tenaga Surya yang Perlu Kamu Ketahui

Harga Ariston Tenaga Surya yang Perlu Kamu Ketahui

Tenaga surya semakin menjadi pilihan utama dalam mencari solusi ramah lingkungan dan hemat energi. Ariston, sebagai pemimpin dalam teknologi pemanas air, juga turut meramaikan pasar dengan produk tenaga surya. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai harga Ariston tenaga surya, manfaatnya, kelebihan, kekurangan, daya watt, dan cara kerjanya.

Apa Manfaat dari Ariston Tenaga Surya?

Apa Manfaat dari Ariston Tenaga Surya?

Ariston Tenaga Surya adalah produk pemanas air tenaga surya buatan Ariston, perusahaan asal Italia yang sudah berdiri sejak tahun 1912. Ariston Tenaga Surya memiliki berbagai manfaat, antara lain:

1. Hemat Energi dan Biaya

Ariston Tenaga Surya menggunakan energi matahari sebagai sumber utama pemanas air. Ini tidak hanya mengurangi ketergantungan pada energi listrik atau gas, tetapi juga menghemat biaya operasional dalam jangka panjang.

2. Ramah Lingkungan

Dengan mengandalkan energi matahari, Ariston Tenaga Surya memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan. Penggunaannya mengurangi emisi gas rumah kaca dan membantu dalam upaya memitigasi dampak perubahan iklim.

3. Mudah Digunakan

Ariston Tenaga Surya dirancang untuk kemudahan penggunaan. Cukup sambungkan kolektor surya ke tangki air panas, dan sistem ini akan beroperasi secara otomatis, menyediakan air panas dengan efisiensi tinggi.

4. Keawetan

Dibuat dari bahan berkualitas tinggi, Ariston Tenaga Surya dirancang untuk daya tahan jangka panjang. Dukungan garansi yang solid, hingga 5 tahun untuk kolektor surya dan 2 tahun untuk tangki air panas, menjamin investasi kamu.

Manfaat Spesifik Ariston Tenaga Surya

1. Produksi Air Panas hingga 90°C

Ariston Tenaga Surya mampu menghasilkan air panas dengan suhu tinggi, mencapai hingga 90 derajat Celcius, sesuai untuk berbagai kebutuhan seperti mandi, mencuci, dan memasak.

2. Penghematan hingga 60%

Penggunaan Ariston Tenaga Surya dapat menghasilkan penghematan biaya hingga 60% dibandingkan dengan sistem pemanas air konvensional.

3. Universal dalam Penggunaan

Fleksibilitas Ariston Tenaga Surya memungkinkan penggunaan untuk berbagai keperluan, mencakup mandi, mencuci, dan memasak, sehingga memberikan solusi yang komprehensif.

Ariston Tenaga Surya adalah pilihan yang cerdas bagi mereka yang mengutamakan efisiensi energi, penghematan biaya, dan kontribusi positif terhadap lingkungan.

Kelebihan dan Kekurangan Ariston Tenaga Surya

Ariston Tenaga Surya memiliki berbagai kelebihan, terutama dalam hal penghematan energi, ramah lingkungan, dan biaya perawatan. Berikut dibawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan water heater ariston:

Kelebihan

1. Hemat Energi dan Biaya

Ariston Tenaga Surya memanfaatkan energi matahari, menghasilkan penghematan biaya hingga 70% dalam tagihan listrik atau gas kamu, memberikan keuntungan finansial dalam jangka panjang.

Baca Juga   Gambar Water Heater Ariston Ini Dia Informasinya

2. Ramah Lingkungan

Dengan tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca, Ariston Tenaga Surya mendukung inisiatif ramah lingkungan, membantu mengurangi polusi udara dan dampak perubahan iklim.

3. Mudah Digunakan dan Dirawat

Operasional sederhana dan perawatan minimal, dengan pembersihan kolektor surya sebagai langkah perawatan utama.

4. Awet dan Tahan Lama

Dibuat dari bahan berkualitas tinggi dan didukung oleh garansi hingga 5 tahun untuk kolektor surya serta 2 tahun untuk tangki air panas.

5. Aman dan Tidak Berisik

Operasional tanpa suara bising, memberikan kenyamanan penggunaan sehari-hari.

6. Berbagai Pilihan Kapasitas

Tersedia dalam berbagai kapasitas, memungkinkan pengguna untuk memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga.

Kekurangan

1. Harga Awal yang Tinggi

Biaya pembelian dan pemasangan lebih tinggi dibandingkan pemanas air konvensional, namun dapat diimbangi oleh penghematan energi jangka panjang.

2. Ketergantungan pada Sinar Matahari

Performa tergantung pada intensitas sinar matahari, yang dapat berkurang pada cuaca mendung atau hujan.

3. Memerlukan Ruang Instalasi yang Cukup

Pemasangan memerlukan ruang yang memadai di atap rumah.

4. Waktu Payback yang Lebih Lama

Meskipun hemat biaya energi dalam jangka panjang, waktu payback mungkin lebih lama dibandingkan dengan pemanas air konvensional.

Berapa Harga Ariston Tenaga Surya?

Berapa Harga Ariston Tenaga Surya?

Pertanyaan ini mungkin menjadi yang paling sering diajukan oleh calon konsumen. Harga Ariston tenaga surya dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kapasitas, teknologi, dan fitur tambahan. Berikut dibawah ini adalah daftar harga pemanas air tenaga surya Ariston:

1. SOLAR WATER HEATER Kairos Thermo DR 100

   – Direct System

   – Kapasitas: 100 L

   – Garansi: 7 Tahun

   – Harga: Rp. 19.240.000

2. SOLAR WATER HEATER Kairos Thermo DR 150

   – Direct System

   – Kapasitas: 150 L

   – Garansi: 7 Tahun

   – Harga: Rp. 22.630.000

3. SOLAR WATER HEATER Kairos Thermo DR 200

   – Direct System

   – Kapasitas: 200 L

   – Garansi: 7 Tahun

   – Harga: Rp. 25.190.000

4. SOLAR WATER HEATER Kairos Thermo DR 250

   – Direct System

   – Kapasitas: 250 L

   – Garansi: 7 Tahun

   – Harga: Rp. 29.170.000

5. SOLAR WATER HEATER Kairos Thermo DR 300

   – Direct System

   – Kapasitas: 300 L

   – Garansi: 7 Tahun

   – Harga: Rp. 35.200.000

  1. SOLAR WATER HEATER Kairos Thermo HF 150

   – Indirect System

   – Kapasitas: 150L

   – Garansi: 10 Tahun

   – Harga: Rp. 30.250.000

7. SOLAR WATER HEATER Kairos Thermo HF 200

   – Indirect System

   – Kapasitas: 200L

   – Garansi: 10 Tahun

Baca Juga   Jual Water Heater Listrik Ariston Low Watt!

   – Harga: Rp. 41.970.000

8. SOLAR WATER HEATER Kairos Thermo HF 300

   – Indirect System

   – Kapasitas: 300L

   – Garansi: 10 Tahun

   – Harga: Rp. 60.500.000

Harga-harga di atas dapat berubah tergantung pada berbagai faktor, termasuk lokasi, kondisi pasar, dan kebijakan distribusi. Sebaiknya, hubungi dealer resmi Ariston atau perusahaan distribusi terkait untuk mendapatkan informasi harga yang lebih akurat dan terkini.

Berapa Watt Ariston Tenaga Surya?

Daya Ariston Tenaga Surya adalah jumlah energi yang dapat dihasilkan oleh kolektor surya dalam satu waktu, diukur dalam satuan watt.

Daya ini bervariasi tergantung pada ukuran kolektor surya. Semakin besar ukurannya, semakin besar daya yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa contoh daya Ariston Tenaga Surya:

  • Kairos Thermo DR-2 100 liter memiliki daya sekitar 1.000 watt.
  • Kairos Thermo DR-2 200 liter memiliki daya sekitar 1.500 watt.
  • Kairos Thermo DR-2 300 liter memiliki daya sekitar 2.000 watt.

Ariston Tenaga Surya dilengkapi dengan fitur Power Booster yang dapat meningkatkan daya kolektor surya hingga 20%, berguna saat cuaca mendung atau hujan untuk memastikan produksi air panas tetap terpenuhi. Cara Menentukan Daya Ariston Tenaga Surya yang Sesuai Pertimbangkan faktor berikut:

1. Lokasi Pemasangan

Intensitas sinar matahari mempengaruhi daya. Semakin tinggi intensitasnya, semakin besar daya yang dihasilkan.

2. Kebutuhan Air Panas

Tentukan kapasitas tangki air panas yang dibutuhkan. Semakin besar kapasitasnya, semakin besar daya yang dibutuhkan.

Tips Menentukan Daya yang Sesuai

1. Intensitas Sinar Matahari Tinggi

Pilih daya yang lebih rendah.

2. Kebutuhan Air Panas Besar

Pilih daya yang lebih tinggi.

3. Konsultasikan dengan Tenaga Ahli

Dapatkan rekomendasi sesuai kebutuhan.

Daya Ariston Tenaga Surya adalah faktor penting untuk memastikan pemenuhan kebutuhan air panas. Pilih daya yang sesuai dengan lokasi dan kebutuhan kamu.

Cara Kerja Ariston Tenaga Surya

Cara Kerja Ariston Tenaga Surya

Cara kerja Ariston Tenaga Surya cukup sederhana, yaitu memanfaatkan energi matahari untuk memanaskan air. Air yang akan dipanaskan disimpan di dalam tangki air panas. Ariston Tenaga Surya terdiri dari dua komponen utama, yaitu kolektor surya dan tangki air panas.

Kolektor surya adalah perangkat yang menyerap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi panas. Kolektor surya terbuat dari bahan-bahan yang memiliki konduktivitas panas yang tinggi, seperti tembaga atau aluminium.

Tangki air panas adalah tempat menyimpan air yang telah dipanaskan oleh kolektor surya. Tangki air panas terbuat dari bahan-bahan yang tahan panas, seperti baja atau stainless steel.

Baca Juga   Harga Pemanas Air Tenaga Surya Terbaik Panduan Dalam Memilih

Proses pemanasan air oleh Ariston Tenaga Surya dapat dibagi menjadi dua tahap, yaitu

Tahap 1: Pemanasan air di kolektor surya

Air yang mengalir melalui kolektor surya akan menyerap energi panas dari sinar matahari. Air yang telah panas akan naik ke atas kolektor surya, sedangkan air yang dingin akan turun ke bawah.

Tahap 2: Pemindahan air panas ke tangki air panas

Air panas yang berada di bagian atas kolektor surya akan mengalir ke tangki air panas melalui pipa penyalur. Air panas yang berada di dalam tangki air panas akan disimpan dan siap digunakan.

Proses pemanasan air oleh Ariston Tenaga Surya akan terus berlangsung selama ada sinar matahari. Pada saat cuaca mendung atau hujan, produksi air panas akan berkurang, tetapi air panas yang tersimpan di dalam tangki air panas masih dapat digunakan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara kerja Ariston Tenaga Surya:

1. Lokasi pemasangan

Lokasi pemasangan kolektor surya harus menghadap ke arah matahari. Posisi kolektor surya yang ideal adalah pada sudut 30-40 derajat terhadap permukaan tanah.

2. Intensitas sinar matahari

Intensitas sinar matahari akan mempengaruhi kinerja Ariston Tenaga Surya. Semakin tinggi intensitas sinar matahari, maka semakin besar pula daya yang dihasilkan.

3. Kebutuhan air panas

Kebutuhan air panas Anda akan menentukan berapa besar kapasitas tangki air panas yang Anda butuhkan. Semakin besar kapasitas tangki air panas, maka semakin besar pula jumlah air panas yang dapat disimpan.

4. Pembersihan kolektor surya

Kolektor surya perlu dibersihkan secara berkala untuk memastikan kinerjanya tetap optimal. Kotoran yang menempel pada kolektor surya dapat menghalangi sinar matahari dan mengurangi daya yang dihasilkan.

Kesimpulan

Ariston Tenaga Surya adalah solusi pemanas air yang efisien dan ramah lingkungan dengan berbagai manfaat, termasuk penghematan energi, biaya, dan kontribusi positif terhadap lingkungan. Dengan cara kerja yang sederhana, memanfaatkan energi matahari untuk memanaskan air, serta fitur-fitur unggulan seperti Power Booster untuk cuaca tidak bersahabat, Ariston Tenaga Surya menjadi pilihan yang cerdas bagi kebutuhan air panas rumah tangga. Pemilihan daya yang sesuai, lokasi pemasangan yang optimal, dan perawatan rutin akan memastikan kinerja optimal selama bertahun-tahun. Jangan ragu untuk memilih Ariston Tenaga Surya, pilihan efisien dan terbaik untuk kenyamanan keluarga kamu. Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang fitur dan keunggulan Ariston Tenaga Surya. 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top