water heater bunyi bising

Mengatasi Water Heater yang Mengeluarkan Bunyi Bising

Ketika menggunakan water heater, terdengar bunyi bising yang mengganggu. Niat hati ingin berendam dengan damai dan tenteram, tapi malah keganggu sama water heater yang berisik.

Ternyata, penyebab bising pada water heater bisa bermacam-macam, mulai dari adanya kerak atau endapan sampai ada komponen yang rusak. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut. Tapi, sebelum itu, yuk kenali dulu kenapa water heater bisa berisik ketika digunakan.

Penyebab Bising pada Water Heater

penyebab water heater mengeluarkan bunyi bising

Ada beberapa penyebab mengapa water heater bisa berbunyi bising. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya :

1. Adanya Kerak atau Endapan

Jika air yang digunakan mengandung mineral seperti kalsium atau magnesium, lama kelamaan endapan ini dapat menumpuk pada elemen pemanas atau dinding tangki. Ketika elemen pemanas dipanaskan, kerak ini dapat menghasilkan bunyi bising.

2. Pengaturan Suhu yang Terlalu Tinggi

Jika suhu air yang diatur terlalu tinggi, water heater akan bekerja lebih keras untuk mencapai suhu tersebut. Hal ini dapat menyebabkan tekanan air yang tinggi dan menghasilkan suara gemuruh atau berdesis.

3. Pipa Instalasi yang Tidak Sesuai

Instalasi pipa yang tidak tepat, seperti pipa yang terlalu sempit, terlalu panjang, atau memiliki sambungan yang longgar, dapat menyebabkan aliran air yang tidak lancar. Hal ini bisa menghasilkan bunyi bising saat air mengalir melalui pipa.

4. Katup Pengaman yang Rusak

Jika katup pengaman pada water heater rusak atau tidak berfungsi dengan baik, tekanan air yang terlalu tinggi dapat menyebabkan bunyi bising. Katup pengaman bertugas untuk meredam tekanan air yang berlebihan, sehingga penting untuk memastikan katup ini berfungsi dengan baik.

5. Komponen yang Aus atau Rusak

Beberapa komponen dalam water heater, seperti elemen pemanas, katup, atau thermostat, dapat mengalami kerusakan seiring waktu. Kerusakan ini dapat menyebabkan bunyi bising atau suara tidak normal ketika water heater beroperasi.

Baca Juga   Cara Efektif Membersihkan Water Heater Ariston

Mengatasi Water Heater Ariston Bunyi Bising

memperbaiki instalasi pipa water heater

Water heater Ariston yang mengeluarkan bunyi bising dapat menjadi sumber ketidaknyamanan bagi pengguna. Berikut ini beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini:

1. Turunkan Pengaturan Suhunya

Jika air yang digunakan terlalu panas, bisa menyebabkan water heater bekerja lebih keras dan menghasilkan bunyi yang tidak diinginkan. Selalu pastikan suhu air yang diatur sesuai dengan kebutuhan.

2. Perbaiki Instalasi Pipa

Bunyi bising juga bisa disebabkan oleh pipa yang terlalu sempit atau terlalu panjang. Pastikan instalasi pipa dilakukan dengan benar dan sesuai standar.

3. Perbaiki Katup Pengaman

Jika katup pengaman tidak berfungsi dengan baik, tekanan air yang terlalu tinggi dapat menyebabkan bunyi bising. Pastikan katup pengaman berfungsi sebagaimana mestinya.

4. Bersihkan Water Heater Secara Berkala

Kerak atau endapan kalsium pada elemen pemanas dapat menjadi penyebab bunyi bising. Lakukan pembersihan secara berkala untuk menjaga kinerja water heater.

Water Heater Listrik yang Aman

water heater listrik yang aman

Keamanan dalam penggunaan water heater listrik sangat penting untuk mencegah resiko kebakaran atau kecelakaan lainnya. Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan water heater yang aman :

1. Pasang Pengaman Kebocoran Listrik

Pasang perangkat pengaman kebocoran listrik (ELCB) atau ground fault circuit interrupter (GFCI) untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

2. Jaga Jarak dengan Bahan Mudah Terbakar

Pastikan water heater ditempatkan pada jarak yang aman dari bahan mudah terbakar seperti kain, tisu, atau produk berbasis alkohol.

3. Matikan Water Heater Saat Tidak Digunakan

Selalu matikan water heater setelah digunakan. Ini akan menghemat energi dan mengurangi resiko kebakaran.

4. Periksa Kabel dan Soket Secara Teratur

Pastikan kabel dan soket water heater dalam kondisi baik dan tidak ada konsleting atau kerusakan lainnya.

Baca Juga   Air Hangat Buat Obat, Apakah Aman?

Apakah Water Heater Listrik Harus Dimatikan?

Sebenarnya, jika water heater listrik tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama, disarankan untuk mematikannya. Namun, jika sering digunakan, maka lebih baik tetap menyalakannya untuk menjaga air tetap hangat. Jangan lupa untuk mencermati petunjuk penggunaan yang disediakan oleh produsen water heater untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik.

Water Heater Menyala Terus

Jika water heater menyala terus mungkin ada beberapa masalah yang perlu diperiksa. Salah satu kemungkinannya, thermostat yang rusak atau mengalami kerusakan. Dengan demikian sebaiknya segera memanggil teknisi terlatih untuk memperbaikinya.

Tips Menggunakan Water Heater Listrik

tips penggunaan yang aman

Berikut adalah beberapa tips menggunakan water heater listrik dengan efisien dan aman :

1. Gunakan Timer

Menggunakan timer pada water heater dapat membantu mengatur waktu pemanasan air secara otomatis, sehingga menghemat energi.

2. Periksa Thermostat

Pastikan thermostat pada water heater diatur sesuai kebutuhan untuk mendapatkan suhu air yang diinginkan.

3. Rutin Bersihkan

Lakukan pembersihan pada water heater secara rutin untuk menjaga kinerjanya dan mencegah terbentuknya kerak atau endapan.

4. Cek Suhu Air Sebelum Digunakan

Selalu periksa suhu air sebelum menggunakannya, terutama jika ada anak kecil di rumah. Suhu air yang terlalu panas dapat menyebabkan luka bakar.

Memilih Water Heater yang Tepat

Saat memilih water heater, terutama yang listrik, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penggunaan. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih water heater yang tepat :

1. Ukuran dan Kapasitas

Pertimbangkan kebutuhan air hangat kamu dan keluarga, selanjutnya pilih water heater dengan kapasitas yang sesuai. Pastikan juga memperhatikan ukuran fisik water heater untuk memastikan bisa terpasang dengan baik di ruang yang tersedia.

2. Fitur Keselamatan

Periksa apakah water heater dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan seperti katup pengaman tekanan atau proteksi kebocoran listrik. Fitur-fitur ini berfungsi untuk mencegah kecelakaan dan kerusakan yang dapat terjadi.

Baca Juga   Cara Memperbaiki Water Heater Gas Tidak Mau Menyala

3. Efisiensi Energi

Pilih water heater yang memiliki tingkat efisiensi energi yang tinggi untuk menghemat pengeluaran listrik dan juga ramah lingkungan.

4. Gunakan Merek Terpercaya

Pilih water heater dari merek yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Merek seperti Ariston telah terbukti dalam menghasilkan water heater berkualitas tinggi.

Perawatan dan Periksa Berkala

perawatan dan pemeriksaan secara berkala

Untuk menjaga water heater tetap berfungsi dengan baik dan aman, perawatan berkala diperlukan. Berikut beberapa langkah-langkah yang dapat diambil:

1. Bersihkan Elemen Pemanas

Periksa elemen pemanas secara berkala dan bersihkan dari kerak atau endapan yang dapat mengganggu kinerjanya.

2. Periksa Katup Pengaman

Pastikan katup pengaman berfungsi dengan baik dan dapat meredam tekanan air yang berlebihan.

3. Cek Kabel dan Soket

Periksa kabel dan soket water heater secara teratur untuk memastikan tidak ada kerusakan atau konsleting yang dapat menyebabkan resiko kebakaran.

4. Panggil teknisi terlatih

Jika ada masalah yang serius atau perawatan yang membutuhkan pengetahuan khusus, sebaiknya memanggil teknisi terlatih untuk memeriksa dan memperbaiki water heater.

Kesimpulan

Ketika terdapat masalah pada water heater seperti bunyi bising, sebaiknya pahami dan cari tahu dulu penyebabnya dan mengambil tindakan yang tepat. Selain itu, memahami cara penggunaan yang aman dan melakukan perawatan rutin akan membantu menjaga water heater tetap dalam kondisi yang baik. Jika merawatnya dengan baik, kamu dapat menikmati air hangat dengan nyaman dan tenang tanpa harus khawatir tentang masalah bunyi bising atau resiko keamanan.

Jika water heater masih menimbulkan bunyi bising meski sudah mencoba memperbaikinya, kamu bisa menghubungi kami untuk pemeriksaan lebih lanjut. Klik disini untuk membuat janji dengan teknisi kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top