jenis water heater terbaru

Jenis Water Heater Terbaru dan Keunggulannya

Jenis water heater terbaru – Water heater adalah perangkat yang sangat penting dalam rumah tangga. Dengan adanya water heater, kita bisa memperoleh air panas dengan cepat dan mudah, sehingga membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih nyaman.

Tapi, tau ngga sih, ternyata water heater berbeda jenisnya, lho. Jenis water heater ini dibedakan dari sumber energi yang digunakan untuk memanaskan air dan ada tidaknya tangki yang menampung air panas. Nah, pada artikel ini, kita akan membahas jenis-jenis water heater terbaru dan keunggulannya.

Jenis Water Heater

1. Water Heater Tenaga Listrik

Water heater tenaga listrik adalah jenis water heater yang paling umum digunakan di rumah-rumah. Cara kerja water ini dengan memanaskan air menggunakan elemen pemanas listrik yang terpasang di dalam tangki.

Salah satu kelebihan dari water heater listrik adalah pengoperasiannya yang mudah. Hanya dengan menekan tombol on/off pada saklar listrik, water heater akan berfungsi. Selain itu, water heater tenaga listrik juga mampu untuk mempertahankan suhu air yang telah dipanaskan selama beberapa waktu.

2. Water Heater Tenaga Gas

Sumber energi water heater tenaga gas adalah menggunakan gas alam atau LPG sebagai bahan bakar untuk memanaskan air. Proses pemanasan air pada water heater ini menggunakan burner yang terpasang di bawah tangki. Keunggulan dari water heater tenaga gas adalah lebih hemat energi dan biaya karena menggunakan bahan bakar yang lebih murah dan efisien.

3. Water Heater Tenaga Surya

Water heater tenaga surya adalah jenis water heater yang menggunakan energi matahari sebagai sumber energinya. Prinsip kerja water heater ini adalah dengan menyerap panas matahari melalui kolektor surya yang terpasang di atas atap rumah. Kolektor surya akan menyerap panas matahari dan mengubahnya menjadi energi panas yang akan dipindahkan ke tangki penyimpanan air. Keunggulan dari water heater tenaga surya adalah ramah lingkungan dan hemat energi karena tidak memerlukan bahan bakar tambahan.

Baca Juga   Cara Kerja Water Heater Solar dan Info Terkait

4. Water Heater Hybrid

Water heater hybrid adalah jenis water heater yang menggabungkan teknologi water heater tenaga listrik dan water heater tenaga gas. Water heater ini menggunakan gas sebagai sumber energinya, namun memiliki elemen pemanas listrik cadangan jika bahan bakar gas habis atau tidak tersedia. Keunggulan dari water heater hybrid adalah lebih hemat energi dan biaya karena menggunakan bahan bakar yang lebih murah dan efisien.

5. Water Heater Tanpa Tangki

Jenis water heater yang tidak menggunakan tangki untuk menyimpan air panas (tankless). Water heater ini langsung memanaskan air pada saat air mengalir melewati pemanas yang terpasang pada pipa. Keunggulan dari water heater tanpa tangki adalah lebih hemat tempat karena tidak memerlukan tangki, dan lebih efisien dalam penggunaan energi.

6. Water Heater Instan

Water heater instan atau instant water heater adalah jenis water heater yang memanaskan air secara instan saat air mengalir melewati pemanas yang terpasang pada pipa. Keunggulan dari water heater instan adalah lebih hemat tempat karena tidak memerlukan tangki, dan lebih efisien dalam penggunaan energi karena hanya memanaskan air saat dibutuhkan, sehingga menghindari pemborosan energi. Namun, kekurangan dari water heater instan adalah kapasitasnya yang terbatas, sehingga hanya cocok digunakan untuk keperluan mandi atau mencuci yang tidak memerlukan banyak air panas secara bersamaan.

Tips Memilih Water Heater

Setelah mengetahui jenis-jenis water heater terbaru, sekarang kita dapat memilih water heater yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rumah tangga kita. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih water heater, di antaranya adalah kapasitas, ukuran, jenis bahan bakar, dan efisiensi energi.

Dalam memilih kapasitas water heater, perhatikan jumlah penghuni rumah dan kebutuhan air panas dalam satu waktu. Jika penghuni rumah banyak atau kebutuhan air panas yang tinggi, sebaiknya pilih water heater dengan kapasitas besar agar tidak mengalami kekurangan air panas saat digunakan bersamaan.

Baca Juga   Solar Air Panas Metode dan Watt yang Dibutuhkan

Ukuran water heater juga perlu diperhatikan, terutama jika ruangan tempat water heater dipasang tidak terlalu besar. Pastikan ukuran water heater sesuai dengan ruangan yang tersedia agar tidak mengganggu aktivitas di rumah.

Pilihlah jenis sumber energi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tempat tinggal. Jika gas tersedia dengan mudah di lingkungan rumah, maka water heater tenaga gas atau hybrid bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika ingin menggunakan sumber energi yang ramah lingkungan, maka water heater tenaga surya bisa menjadi pilihan yang tepat.

Efisiensi energi juga perlu diperhatikan dalam memilih water heater. Pastikan water heater yang dipilih memiliki efisiensi energi yang baik, sehingga tidak hanya hemat biaya, tapi juga membantu menjaga lingkungan.

Dalam memilih water heater, jangan hanya melihat harga yang murah, tapi juga perhatikan kualitas dan keunggulan dari masing-masing jenis water heater. Pilihlah water heater terbaru dengan fitur-fitur yang lengkap dan dapat membantu memudahkan aktivitas sehari-hari di rumah.

Setelah memilih water heater yang sesuai dengan kebutuhan, selanjutnya adalah melakukan instalasi dengan benar dan sesuai dengan panduan yang diberikan oleh produsen. Instalasi water heater yang salah dapat mengakibatkan kebocoran gas atau listrik yang berbahaya bagi keselamatan anggota keluarga.

Tips Merawat Water Heater

Selain itu, perawatan water heater juga perlu dilakukan secara berkala untuk menjaga kinerjanya dan memperpanjang usia pakainya. Beberapa tips perawatan water heater yang dapat dilakukan antara lain :

1. Bersihkan Water Heater

Bersihkan bagian luar water heater secara teratur dengan kain lembut dan bersih. Hindari penggunaan bahan kimia atau benda keras yang dapat merusak bagian luar water heater.

2. Lakukan Flush Tank Secara Rutin

Lakukan flush tank pada water heater setiap 6-12 bulan sekali untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk di dalam tangki. Hal ini akan membantu menjaga kualitas air panas dan memperpanjang usia pakai water heater.

Baca Juga   Pemanas Air Solar Terbaik dan Panduan Lengkap Lainnya

3. Periksa Bagian Water Heater

Periksa bagian-bagian water heater secara berkala, seperti thermostat, valve, dan pipa, untuk memastikan tidak terjadi kebocoran atau kerusakan.

4. Hubungi Tenaga Ahli

Jika terdapat masalah pada water heater, segera hubungi teknisi yang ahli dalam memperbaiki water heater. Jangan mencoba memperbaiki sendiri karena dapat mengakibatkan bahaya yang lebih besar.

Dengan melakukan perawatan secara berkala, water heater akan selalu berfungsi dengan baik dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Kesimpulan

Water heater merupakan perangkat penting dalam kegiatan sehari-hari di rumah. Dengan adanya water heater, kegiatan mandi atau mencuci akan menjadi lebih nyaman dan praktis. Ada berbagai jenis water heater terbaru yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rumah, seperti water heater tenaga surya, tenaga gas, tenaga listrik, dan water heater instan.

Ketika memilih water heater, perhatikan kapasitas, ukuran, jenis bahan bakar, dan efisiensi energi. Selain itu, lakukan instalasi dan perawatan secara berkala untuk menjaga kinerja dan memperpanjang usia pakai water heater.

Dengan memilih water heater yang tepat dan melakukan perawatan secara berkala, aktivitas sehari-hari di rumah akan menjadi lebih nyaman dan hemat energi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top