Gambar Water Heater Ariston Ini Dia Informasinya

Gambar Water Heater Ariston Ini Dia Informasinya

Water heater Ariston adalah salah satu merk water heater yang populer di Indonesia. Water heater ini memiliki berbagai macam keunggulan, salah satunya adalah desainnya yang elegan dan modern. Selain itu, water heater Ariston juga memiliki berbagai macam fitur yang canggih, seperti fitur anti-lumut dan anti-karat.

Gambar Water Heater Ariston

Gambar Water Heater Ariston

Ariston menawarkan dua jenis perangkat pemanas air listrik, yaitu menggunakan tangki dan pemanas air listrik instan.

Water Heater Ariston dengan Tangki

Ariston menawarkan sejumlah pemanas air dengan kapasitas tangki yang beragam, mulai dari 10 liter, 15 liter, 30 liter, 50 liter, 80 liter, hingga 100 liter. Berikut adalah beberapa varian dan gambar water heater Ariston dengan tangki:

1. Ariston Andris 2 Lux

Ariston Andris 2 Lux adalah water heater yang elegan dan efisien, dengan tangki penyimpanan yang tahan lama. Water heater ini dilengkapi dengan teknologi Ariston Thermoblock yang dapat menghasilkan air panas dengan cepat dan stabil.

2. Ariston Lydos Hybrid

Ariston Lydos Hybrid adalah water heater elektrik dengan tangki penyimpanan yang menabungkan pemanas air listrik dan pemanas air hybrid. Water heater ini dilengkapi dengan teknologi Ariston Hybrid Technology yang dapat menghemat hingga 50% biaya listrik.

3. Ariston Andris 2 Top Wifi 15 30

Ariston Andris 2 Top Wifi 15 30 adalah smart water heater pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan teknologi Wi-Fi. Water heater ini dapat dikontrol melalui smartphone, sehingga Anda dapat mengatur suhu air panas dari jarak jauh.

Water Heater Ariston Instan

Ariston juga menyediakan water heater instan yang dapat menghasilkan air panas secara langsung. Water heater ini cocok untuk digunakan di tempat-tempat dengan kebutuhan air panas yang tidak terlalu besar. Berikut adalah beberapa varian dan gambar water heater Ariston instant:

1. Ariston Fast Evo R 15

Ariston Fast Evo R 15 adalah water heater instan dengan daya 3.500 watt yang dapat menghasilkan air panas hingga 8,7 liter per menit.

2. Ariston Fast Evo R 15

Ariston Fast Evo R 30 adalah water heater instan dengan daya 6.000 watt yang dapat menghasilkan air panas hingga 17,4 liter per menit.

3. Ariston Fast Evo R 50

Ariston Fast Evo R 50 adalah water heater instan dengan daya 9.000 watt yang dapat menghasilkan air panas hingga 25,8 liter per menit.

Dalam memilih water heater Ariston, kamu perlu mempertimbangkan beberapa faktor, seperti kapasitas, daya, dan fitur-fitur yang tersedia. Kapasitas water heater harus disesuaikan dengan kebutuhan keluarga kamu. Daya water heater juga harus disesuaikan dengan daya listrik di rumah kamu. Sedangkan fitur-fitur water heater dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu.

Baca Juga   Harga Ariston Tenaga Surya yang Perlu Kamu Ketahui

Gambar Elemen Water Heater Ariston

Elemen gambar water heater Ariston biasanya berbentuk tabung atau piringan. Elemen tabung terbuat dari tembaga atau baja yang dibalut dengan kawat tembaga. Elemen piringan terbuat dari stainless steel yang dibalut dengan kawat tembaga. Elemen pada gambar water heater Ariston biasanya memiliki daya 500 watt, 1200 watt, atau 1500 watt. Daya yang lebih besar menghasilkan air panas yang lebih cepat.

Elemen water heater Ariston harus diganti secara berkala, biasanya setiap 3-5 tahun sekali. Hal ini dikarenakan elemen water heater akan mengalami korosi seiring dengan pemakaian. Korosi dapat menyebabkan elemen water heater tidak bekerja dengan baik atau bahkan rusak.

Untuk mengganti elemen water heater Ariston, kamu dapat melakukannya sendiri atau meminta bantuan teknisi. Jika kamu ingin menggantinya sendiri, kamu dapat mengikuti petunjuk yang ada di manual water heater Ariston kamu.

Berapa Lama Water Heater Ariston Memanaskan Air?

Berapa Lama Water Heater Ariston Memanaskan Air?

Waktu pemanasan water heater Ariston tergantung pada beberapa faktor, yaitu:

  • Kapasitas tangki
  • Daya listrik
  • Suhu air awal

Secara umum, semakin besar kapasitas tangki, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan air. Hal ini karena air yang lebih banyak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dipanaskan.

Berikut adalah waktu pemanasan water heater Ariston berdasarkan kapasitas tangki dan daya listriknya:

Kapasitas Tangki (liter) Daya Listrik (watt) Waktu Pemanasan (jam:menit)
10 200 5:14
15 200 6:28
15 350 2:35
30 350 2:41
30 500 3:10

Misalnya, water heater Ariston Slim 2 RS dengan kapasitas tangki 15 liter dan daya listrik 350 watt membutuhkan waktu sekitar 2 jam 35 menit untuk memanaskan air dari suhu 25°C hingga 45°C.

Perlu dicatat bahwa waktu pemanasan yang disebutkan di atas adalah untuk memanaskan air dari suhu 25°C hingga suhu yang diinginkan. Jika suhu air awal lebih rendah, maka waktu pemanasan akan lebih lama. Berikut adalah beberapa tips untuk mempercepat waktu pemanasan water heater Ariston:

  • Gunakan water heater dengan kapasitas tangki yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Gunakan water heater dengan daya listrik yang sesuai.
  • Matikan water heater saat tidak digunakan.
  • Bersihkan water heater secara rutin.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, kamu dapat menghemat waktu dan energi dalam menggunakan water heater Ariston.

Cara Kerja Water Heater Ariston

Water heater Ariston bekerja dengan memanfaatkan energi listrik untuk memanaskan air. Proses pemanasan air di water heater Ariston dibagi menjadi dua tahap, yaitu:

Baca Juga   Pemanas Air Kamar Mandi Listrik dan Gas Ariston

1. Proses pemanasan air di dalam tangki

Air dingin dari kran masuk ke dalam tangki. Kemudian, elemen pemanas (heater) di dalam tangki akan memanaskan air hingga mencapai suhu yang diinginkan. Suhu air di dalam tangki akan dijaga konstan oleh thermostat.

2. Proses sirkulasi air panas

Air panas dari dalam tangki akan mengalir melalui pipa ke shower atau keran air panas. Air dingin dari kran akan masuk ke dalam tangki untuk menggantikan air panas yang keluar. Proses sirkulasi ini akan terus berlangsung hingga air panas habis.

Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai cara kerja water heater Ariston:

Elemen pemanas (heater)

Elemen pemanas adalah komponen utama yang berfungsi untuk memanaskan air di dalam tangki. Elemen pemanas biasanya terbuat dari bahan logam tahan panas, seperti nikel atau tembaga.

Thermostat

Thermostat adalah komponen yang berfungsi untuk menjaga suhu air di dalam tangki tetap konstan. Thermostat akan mematikan elemen pemanas saat suhu air mencapai suhu yang diinginkan.

Pipa

Pipa berfungsi untuk mengalirkan air panas dari dalam tangki ke shower atau keran air panas. Pipa biasanya terbuat dari bahan logam tahan karat, seperti stainless steel.

Saringan air

Saringan air berfungsi untuk menyaring kotoran dan kerak yang terbawa oleh air. Saringan air akan membantu menjaga kebersihan elemen pemanas dan pipa.

Pengaman

Water heater Ariston dilengkapi dengan beberapa pengaman untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti:

ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

Fungsi ELCB adalah untuk mencegah kebocoran arus listrik.

Fuse

Fungsi fuse adalah untuk melindungi water heater dari korsleting listrik.

Thermostat pengaman

Fungsi thermostat pengaman adalah untuk mematikan elemen pemanas secara otomatis saat terjadi overheat.

Dengan memahami cara kerja water heater Ariston, kamu dapat menggunakannya dengan lebih aman dan efektif.

Apakah Water Heater Ariston Harus On Terus?

Apakah Water Heater Ariston Harus On Terus?

Tidak, water heater Ariston tidak harus on terus. Kamu dapat mematikannya saat tidak digunakan untuk menghemat energi listrik. Water heater Ariston dilengkapi dengan fitur thermostat yang akan mematikan pemanas secara otomatis saat suhu air mencapai suhu yang diinginkan.

Namun, jika kamu menggunakan water heater setiap hari, kamu dapat membiarkannya menyala terus. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mendapatkan air panas saat dibutuhkan. Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat energi saat menggunakan water heater Ariston:

  • Matikan water heater saat tidak digunakan.
  • Gunakan fungsi timer untuk mengatur agar water heater mati secara otomatis setelah beberapa jam.
  • Gunakan water heater dengan kapasitas tangki yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Gunakan water heater dengan daya listrik yang sesuai.
  • Bersihkan water heater secara rutin.
Baca Juga   Jual Water Heater Listrik Ariston Low Watt!

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, kamu dapat menghemat energi dan biaya tagihan listrik.

Kelebihan dan Kekurangan Water Heater Ariston

Kelebihan Water Heater Ariston

1. Daya Listrik Rendah

Beberapa model Ariston, seperti seri Slim 2 RS, terkenal dengan daya listriknya yang rendah (350 watt) sehingga lebih hemat energi dibandingkan merek lain.

2. Teknologi dan Material Terbaik

Ariston menggunakan teknologi canggih dan material berkualitas, seperti elemen pemanas berbahan tembaga dan lapisan enamel khusus, yang menjamin daya tahan dan kinerja.

3. Fitur Canggih

Banyak model dilengkapi fitur modern seperti pengaturan suhu digital, timer, mode eco, dan layar LCD.

4. Sistem Pengamanan Berlapis

Ariston mengutamakan keamanan dengan pengaman ELCB, fuse, dan termostat pengaman, sehingga pemakaian lebih aman.

5. Kualitas Menanggal Kualitas Terjamin

Ariston dikenal sebagai brand water heater yang reliable dan berumur panjang, bahkan berani memberikan garansi panjang.

Kekurangan Water Heater Ariston

1. Harga Mahal

Dibandingkan merek lain, harga water heater Ariston memang cenderung lebih mahal, terutama model dengan fitur lengkap.

2. Ketersediaan Air Panas Terbatas

Model dengan kapasitas tangki kecil (10-15 liter) dan daya rendah mungkin tidak cocok untuk kebutuhan mandi berlama-lama, terutama jika digunakan beberapa orang.

3. Jasa Instalasi Masih Jarang

Di kota-kota kecil, ketersediaan teknisi instalasi khusus Ariston mungkin terbatas dibanding merk lokal.

Catatan Tambahan

  • Pilihan model dan ketersediaan fitur bervariasi tergantung lokasi.
  • Ada model Ariston yang menggunakan gas dan solar sebagai sumber panas, bukan hanya listrik.
  • Sebaiknya pilih model dan kapasitas tangki sesuai kebutuhan agar optimal dan hemat energi.

Kesimpulan

Water heater Ariston merupakan pilihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan air panas di rumah kamu. Dengan desain elegan, fitur canggih, dan teknologi terkini, Ariston memberikan keunggulan dalam hal efisiensi energi dan kualitas. Dari varian dan gambar water heater Ariston dengan tangki berkapasitas besar hingga model instan yang praktis, Ariston menawarkan berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan kamu. Meskipun harganya mungkin sedikit lebih tinggi, investasi ini sebanding dengan kualitas dan daya tahan yang ditawarkan. Jangan ragu untuk memilih water heater Ariston, dan dapatkan pengalaman mandi yang nyaman dan hemat energi. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya dan melakukan pemesanan, silakan klik di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top