apakah menggunakan water heater jadi boros listrik

Apakah Water Heater Boros Listrik?

Apakah water heater boros listrik – Salah satu jenis water heater memang menggunakan listrik sebagai sumber energi utama untuk memanaskan air. Sedangkan jenis water heater lainnya menggunakan sumber energi yang berbeda, diantaranya ada solar, gas, dan panas dari lingkungan sekitar. Pertanyaannya, apakah menggunakan water heater lebih boros listrik?

Memang lebih praktis ya, menggunakan water heater itu. Ngga perlu repot-repot lagi manasin air pakai kompor dan menunggu airnya panas. Tapi, kalau tagihan listrik kian membengkak tiap kali menggunakan water heater, pikir-pikir lagi kali ya. 

Sebagai pertimbangan, artikel ini akan membahas tentang jenis-jenis water heater dan efisiensinya dalam mengkonsumsi energi listrik. Jadi, kamu dapat menentukan pilihan, water heater mana yang cocok untuk kamu gunakan.

Jenis Water Heater dan Energi Listrik yang Digunakan

Ada berbagai jenis water heater berdasarkan sumber energi yang digunakan, mulai dari solar water heater, gas water heater, elektrik water heater, dan heat pump water heater. Dari keempat water heater tersebut, masing-masing menggunakan daya listrik yang berbeda, bahkan tidak menggunakan energi listrik sama sekali. Berikut ini adalah jenis water heater yang bisa kamu pertimbangkan :

1. Water Heater Listrik

Slim2 RS

Penggunaan water heater listrik dapat memengaruhi konsumsi energi listrik bulanan. Namun, apakah water heater listrik membuat boros listrik atau tidak, hal tersebut dapat disesuaikan pada beberapa faktor, seperti :

Efisiensi Water Heater

Tingkat efisiensi water heater listrik dapat berbeda-beda tergantung pada merk, model, dan kualitas perangkat tersebut. Water heater dengan tingkat efisiensi yang tinggi akan menggunakan energi listrik secara lebih efisien, menghasilkan lebih sedikit pemborosan energi. Sebelum membeli water heater listrik, pastikan untuk memeriksa label efisiensi energi atau mencari informasi tentang efisiensi perangkat tersebut.

Salah satu produk unggulan Ariston yang hemat listrik yaitu Slim2 RS 20L. Produk ini tetap berfungsi secara maksimal meskipun hanya menggunakan daya listrik sebesar 200 watt saja.

Baca Juga   Mandi dan Minum Air Hangat Sebelum Tidur Buat Apa?

Pengaturan Suhu

Suhu air yang diatur pada water heater listrik juga dapat mempengaruhi konsumsi energi. Semakin tinggi suhu air yang kamu pilih, semakin banyak energi yang dibutuhkan untuk memanaskannya. Jika suhu air yang sangat tinggi tidak diperlukan, mengatur suhu water heater listrik pada tingkat yang lebih rendah dapat membantu mengurangi konsumsi energi secara signifikan.

Penggunaan yang Bijak

Cara menggunakan water heater listrik juga berperan dalam tingkat konsumsi energinya. Misalnya, membatasi waktu mandi dengan mematikan water heater setelah penggunaan atau menggunakan aliran air yang lebih kecil saat mandi dapat membantu mengurangi konsumsi energi. Selain itu, menghindari penggunaan air panas berlebihan dalam kegiatan sehari-hari, seperti mencuci tangan atau mencuci piring, juga dapat membantu menghemat energi.

Isolasi dan Perawatan

Memastikan water heater dalam kondisi yang baik dan terawat juga penting untuk efisiensi energi. Bersihkan secara teratur elemen pemanas untuk menghindari penumpukan kerak atau kotoran yang dapat menghambat kinerjanya. Selain itu, mempertimbangkan untuk mengisolasi pipa air panas dapat membantu mempertahankan suhu air panas lebih lama, sehingga water heater tidak perlu bekerja lebih keras untuk memanaskannya kembali.

2. Water Heater Gas

Fast R Gas Water Heater

Water heater gas tidak menggunakan energi listrik, melainkan menggunakan bahan bakar gas seperti gas alam atau LPG untuk memanaskan air. Oleh karena itu, penggunaan water heater gas tidak akan membuat boros listrik.

Water heater gas memiliki efisiensi yang baik dalam menghasilkan panas dan memanaskan air dengan cepat. Efisiensi ini biasanya mengakibatkan penggunaan bahan bakar gas yang lebih efisien dibandingkan dengan water heater listrik. Namun, biaya penggunaan bahan bakar gas akan menjadi faktor utama yang mempengaruhi total biaya operasional water heater gas.

Selain itu, instalasi water heater gas memerlukan saluran gas yang aman dan harus dipasang oleh tenaga ahli yang terlatih. Keamanan harus menjadi perhatian utama ketika menggunakan water heater gas untuk mencegah kebocoran gas atau resiko kebakaran.

Baca Juga   Tips Memilih Solar Water Heater

3. Water Heater Tenaga Surya

Kairos Thermo DR-2 Solar Water Heater

Solar water heater tidak membuat boros listrik. Solar water heater menggunakan energi matahari untuk memanaskan air, sehingga tidak bergantung pada konsumsi listrik. Dalam sistem solar water heater, panel menyerap energi matahari dan mengubahnya menjadi panas yang digunakan untuk memanaskan air.

Kelebihan utama dari solar water heater adalah efisiensi energi yang tinggi dan penggunaan sumber energi terbarukan. Dengan mengandalkan energi matahari sebagai sumber panas, solar water heater dapat mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil dan mengurangi dampak lingkungan negatif.

Meskipun solar water heater tidak menggunakan listrik secara langsung, ada beberapa komponen listrik kecil yang terkait dengan sistem tersebut, seperti pompa sirkulasi atau kontroler. Namun, konsumsi listrik dari komponen ini umumnya sangat rendah dibandingkan dengan konsumsi energi yang dihemat melalui pemanasan air menggunakan energi matahari.

Hal ini membuat solar water heater menjadi pilihan yang lebih hemat energi dan dapat mengurangi biaya energi dalam jangka panjang. Namun, efektivitas solar water heater tergantung pada ketersediaan sinar matahari yang memadai. Pada daerah dengan cuaca kurang bersahabat atau kurang sinar matahari, efisiensi sistem solar water heater dapat berkurang.

4. Heat Pump Water Heater

 

AR 35 PTP Heatpump Komersial

Heat pump water heater dapat menjadi pilihan yang lebih efisien dalam hal konsumsi energi dibandingkan dengan water heater konvensional, seperti water heater listrik atau gas.

Prinsip kerja heat pump water heater melibatkan pengambilan energi panas dari sumber eksternal, seperti udara atau tanah, dan menggunakan energi tersebut untuk memanaskan air. Dalam proses ini, heat pump water heater dapat menghasilkan output panas yang lebih tinggi daripada energi listrik yang digunakan. Dengan kata lain, untuk setiap unit energi listrik yang digunakan, heat pump water heater dapat menghasilkan beberapa unit energi panas yang lebih tinggi.

Baca Juga   Beli Ariston Dapat Cash Back Dalam Program Untung Ramadhan

Keuntungan utama dari heat pump water heater adalah efisiensi energi yang tinggi. Dalam beberapa kasus, heat pump water heater dapat menghasilkan efisiensi hingga 2-3 kali lipat dibandingkan dengan water heater listrik. Hal ini dapat menghasilkan penghematan energi dan biaya operasional dalam jangka panjang.

Namun, perlu diperhatikan bahwa faktor-faktor tertentu dapat mempengaruhi efisiensi dan penggunaan energi heat pump water heater. Misalnya, suhu lingkungan ekstrim atau kondisi instalasi yang buruk dapat mempengaruhi kinerja perangkat. Juga, perawatan dan pemeliharaan yang tepat diperlukan untuk memastikan heat pump water heater berfungsi dengan efisiensi maksimal.

Dalam penggunaan sehari-hari, penggunaan heat pump water heater juga dapat diatur untuk meningkatkan efisiensi energi. Misalnya, mengatur suhu air yang diinginkan pada tingkat yang wajar dan menggunakan fitur pengatur waktu untuk mengoperasikan heat pump water heater sesuai dengan jadwal kebutuhan air panas.

Kesimpulan

Sebenarnya, menggunakan water heater tidak mengakibatkan boros listrik. Dengan memilih jenis water heater yang tepat, produk yang mempunyai fitur efisiensi energi, dan penggunaan water heater yang tepat, justru dapat menghemat konsumsi listrik.

Selain itu, dengan menggunakan solar water heater, tidak hanya menghemat konsumsi listrik melainkan juga mengurangi biaya tagihan bulanan dalam jangka panjang dan dapat memproduksi air panas dalam jumlah besar.

Jika kamu tertarik memasang solar water heater untuk keperluan rumah tangga ataupun komersial, kamu dapat menghubungi kami untuk melakukan pemasangan. Atau, jika kamu bingung mau pasang water heater yang mana, kamu juga bisa mengkonsultasikannya dengan kami dan pilih water heaternya sesuai yang kamu mau.

Mudah banget, kan? Tunggu apa lagi, segera konsultasikan kebutuhan water heatermu bersama kami, gratis. Klik disini ya, untuk info lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top